Press "Enter" to skip to content

Resep Rempeyek Kacang Renyah dan Gurih

Lucky Candra 6


Kupas Bisnis Kuliner – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Dicari dengan kata kunci: resep rempeyek kacang, resep rempeyek renyah, resep rempeyek kacang renyah, resep membuat rempeyek kacang, resep rempeyek renyah dan gurih.

Rempeyek atau peyek adalah makanan yang digoreng dan bisa menjadi pengganti kerupuk. Peyek atau Rempeyek biasanya terbuat dari tepung beras dan tapioka / sagu yang diberi irisan daun jeruk, kacang tanah, atau udang rebon. Rempeyek sangat nikmat jika dijadikan pendamping makanan terutama pecel.

resep rempeyek kacang, resep rempeyek renyah, resep rempeyek kacang renyah, resep membuat rempeyek kacang, resep rempeyek renyah dan gurih.

Sejarah Rempeyek

Rempeyek merupakan makanan khas Pulau Jawa, khususnya Jogjakarya. Berdasarkan sejarah Mataram Islam yang ditulis oleh De Graaf, pada abad ke-16 makanan ini sudah ada di Jogja pada saat itu.

Disebutkan Ki Ageng Pemanahan melakukan bedhol desa atas perintah Sultan Hadiwijaya dari wilayah Surakarta ke Alas Mentaok.

Sebelum masuk ke Kotagede, rombongan Ki Ageng Pemanahan dijemput Ki Gede Karanglo di pinggir Sungai Opak. Rombongan tamu diminta menyeberang sekalian berbasuh di sungai tersebut, yang diyakini bisa menghilangkan lelah dan penat.

Selanjutnya rombongan diterima di kediaman Ki Gede Karanglo. Makanan yang disajikan antara lain nasi, sayur pecel, peyek atau rempeyek kacang dan sayur kenikir.

Berdasarkan literature tersebut dapat diketahui bahwa keberadaan peyek kacang memang telah berabad-abad di Jogja. Tak heran apabila tingkat perkembangan dan konsumsi rempeyek di Jawa lumayan pesat. Bahkan ada beberapa yang menjadikannya makanan khas.

Berikut Resep Rempeyek yang Bisa Anda Coba di Rumah.

Dicari dengan kata kunci: resep rempeyek kacang, resep rempeyek renyah, resep rempeyek kacang renyah, resep membuat rempeyek kacang, resep rempeyek renyah dan gurih.

Bahan:

  • 150 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka/kanji/sagu
  • 100 gram kacang tanah, iris menjadi 3 bagian
  • 65 ml santan kental 5 lembar daun jeruk, iris halus
  • 1 gelas air
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas

Bumbu yang dihaluskan :

  • 4 siung bawang putih
  • 3 biji kemiri
  • 1 cm kunyit
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1/2 cm kencur
  • garam secukupnya

Tahapan Membuatnya :

  1. Campurkan tepung beras dan tapioka dalam satu wadah. Kemudian masukkan bumbu halus dan telur yang sudah dikocok.
  2. Tuang santan, kemudian air sedikit demi sedikit. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer, jadi jumlah air yang dimasukkan bisa dimodifikasi sesuai selera.
  3. Masukkan kacang dan daun jeruk, bumbui dengan garam kemudian aduk sampai tercampur merata.
  4. Panaskan minyak goreng yang banyak, kemudian ambil adonan peyek ± 1 sendok makan. Tuangkan pada tepian penggorengan.
  5. Siram-siram peyek dengan minyak panas sampai terlepas dari pinggiran wajan. Setelah itu goreng sampai seluruh bagian peyek berwarna kuning keemasan.
  6. Tiriskan minyak yang menetes atau beli alas kertas atau koran bekas pada wadah, agar minyak dapat lebih mudah terserap.
  7. Kemudian simpan peyek di wadah kedap udara.

Dicari dengan kata kunci: resep rempeyek kacang, resep rempeyek renyah, resep rempeyek kacang renyah, resep membuat rempeyek kacang, resep rempeyek renyah dan gurih.

Daftar Resep Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *