Press "Enter" to skip to content

Resep Garang Asem

Lucky Candra 2

Kupas Bisnis Kuliner – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Masakan khas Jawa Tengah ini sudah tak asing lagi bagi para pecinta kuliner Indonesia. Garang asem mudah ditemukan dimana – mana. Olahan Ayam yang dikukus dengan berbagai macam bumbu rempah – rempah ini memiliki rasa asam pedas yang lezat dan berciri khas. Akan semakin nikmat jika disajikan bersama sepiring nasi hangat.

pontianak.tribunnews.com

Garang Asem berasal dari Grobogan, namun populer di Kudus. Bahkan kini Garang Asam bisa disajikan sebagai lauk pendamping nasi, ditambah tempe goreng dan perkedel.

Beberapa kota di Jawa tengah menyajikan makanan khas ini dengan variasi yang berbeda. Misalnya Garang Asam dari Pekalongan tidak menggunakan pembungkus daun pisang, makanan ini disajikan langsung di atas piring sehingga dapat langsung disantap. Berbeda dengan Garang Asam asal Semak yang dibungkus menggunakan daun pisang.

Garang Asem banyak diminati karena cita rasanya yang khas dan tidak mudah dilupakan. Berjualan Garang Asem menjadi suatu pilihana yang tepat. Pasalnya, bisnis kuliner ayam khas jawa tengah ini cukup menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni bisnis Ini. Bidang bisnis kuliner ayam khas Jawa Tengah ini masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan bagi siapa saja. Jika anda berminat menjalankan pilihan bisnis garang asem ini, berikut Resep Garang Asam Khas Jawa Tengah yang bisa dijadikan peluang bisnis rumahan.

Bahan – bahan :

Ayam ½ ekor ( potong 6 ) Santan Kara 1 ( kemasan kotak ) Bawang Merah, Bawang Putih, Kemiri ( dihaluskan ) Jahe, Lengkuas, Daun Salam, Serai, Cabe Rawit ‘ Setan ‘, Belimbing Wuluh. ( Potong – Potong ) Garam, Gula, Penyedap Rasa Daun Pisang.

Cara Membuat Garang Asem :

Lumuri ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Beri irisan lengkuas, serai, cabe rawit ‘setan’, belimbinggris wuluh, dan dunia salam. Masukkan 1 sendok makan santan, kemudian bungkus dengan daun pisang berbentuk seperti botok. Panaskan langseng, kukus ±1jam. Angkat dan sajikan

Untuk porsi ini bisa menjadi 6 bungkus garang Asem.

Modal yang diperlukan Rp. 38.000.

Harga jual Rp. 15.000 x 6 = Rp. 90.000. Keuntungan sekitar Rp. 52.000.

Daftar Resep Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *