Press "Enter" to skip to content

Mengenal Rendang, Kuliner Nusantara yang Mendunia

Lucky Candra 0


Kupas Bisnis Kuliner – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Rendang adalah masakan Berupa daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah.

Masakan ini harus melalui proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Dapat memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan sampai berminggu-minggu.

Rendang bisa anda temukan di Rumah Makan Padang seluruh dunia. Masakan ini populer di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand.

Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajikan di berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Rendang menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang dikenal sampai ke mancanegara.

romadecade.org

Rendang juga dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International, pada tahun 2011 silam.

Berikut Resep Rendang yang Lezatnya Mendunia.

Bahan – bahan :

2 liter santan (didapat dari 2 buah kelapa tua) 1½ kg daging 2 lembar daun kunyit, ikat 4 lembar daun jeruk purut 2 cm asam kandis 2 batang daun serai, memarkan ikat ujung atasnya

Bumbu yang dihaluskan :

12 butir bawang merah 2 cm jahe, bakar 1 sdt jintan, sangrai ½ sdt pala Penyedap rasa secukupnya 100 gram cabe merah besar 3 cm kunyit, bakar ½ sdm ketumbar 2 sdt garam 6 siung bawang putih 5 butir kemiri 100 gram cabe merah keriting 2 cm lengkuas

Cara memasak Rendang :

Siapkan daging rendang yang telah dipotong – potong berbentuk kotak-kotak (dadu) atau sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

Sebaiknya potong – potong daging dengan ukuran yang tebal dan lebih besar, agar pada saat dimasak, daging tidak menjadi hancur.

Siapkan wajan berukuran besar. Lalu tuangkan santan ke dalam wajan.

Masukkan serai, irisan bawang merah, asam dan daun kunyit. Aduk-aduk bumbu sampai tercampur merata dan benar-benar mendidih, pastikan bahwa santan yang sedang dimasak tidak pecah dengan terus mengaduknya perlahan.

Jika santan yang sedang dimasak telah mendidih, masukkanlah bumbu yang telah dihaluskan kedalamnya sambil sesekali diaduk. Lakukan selama 20-30 menit.

Bila santan terlihat telah berminyak, Masukanlah potongan daging rendang yang sudah dibersihkan sedikit demi sedikit.

Nyalakan kompor dengan api kecil atau sedang, lalu masaklah santan hingga mengental dan mengering sampai bumbu meresap ke dalam daging.

Masak daging hingga menjadi empuk dan matang merata, aduk-aduk perlahan dan terus-menerus supaya bagian dasar tidak menjadi gosong dan daging matang dengan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *