Press "Enter" to skip to content

Pengertian Software dan Hardware Apa Saja Sih Contohnya

kupas bisnis 0

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Pengertian Software dan Hardware Serta Contohnya. Pengertian hardware dan software yang masih awam bagi banyak orang.

Pengertian Software dan Hardware

Software dan hardware adalah komponen penting yang terdapat dalam sebuah sistem komputer. Sistem komputer tidak pernah akan berjalan tanpa adanya kedua komponen penting tersebut. Artikel kali ini akan berbagi mengenai pengertian software dan hardware serta contoh dari kedua komponen tersebut.

Pengertian Software

Dalam Bahasa Indonesia, software disebut dengan perangkat lunak. Fungsi dari software adalah untuk memproses atau menerima instruksi sehingga menjalankan hasil atau komputer dapat melakukan berbagai macam perintah.

Perintah yang kamu lakukan untuk ini dan itu melalui komputer tidak terlepas dari fungsi software.Terdapat beberapa jenis software yang perlu kamu ketahui.

• Program aplikasi

Program aplikasi merupakan bagian dari software. Contohnya adalah MS Word, Ms Power point, Ms Excel, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya

• Sistem operasi
Jenis software yang kedua adalah sistem operasi.Tentu, kamu sudah tahu sistem operasi komputer terus berkembang dari masa ke masa. Diantaranya adalah windows, linux, macintosh, dan lain-lain

• Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman atau bahasa komputer merupakan bahasa yang digunakan untuk instruksi dalam pemrograman.Contohnya seperti Pascal, PHP, dan masih banyak lagi.

Pengertian Hardware

Jika software adalah perangkat lunak, maka hardware adalah perangkat keras yang terdapat di dalam sistem komputer.Perangkat keras berperan membangun komputer agar berwujud.

Dengan demikian, kamu bisa melihat secara langsung bentuk dari perangkat keras tersebut.
Terdapat banyak contoh perangkat keras seperti keyboard, mouse, speaker, dan masih banyak lagi. Namun pada intinya, hardware terdiri dari 3 macam

• Output device
Output device adalah perangkat keluar. Contohnya adalah monitor, printer, dan speaker

• Processor
Processor adalah perangkat pengolahan data. Contohnya adalah CPU dan Microprocessor

• Input device
Ini adalah perangkat untuk memasukkan data ke komputer.Contohnya adalah keyboard, webcam, mouse, dan lain-lain.

Itulah pengertian software dan hardware beserta contoh terlengkapnya.Kini kamu sudah paham perbedaannya bukan? Semoga menambah wawasan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *