Memahami Riset Kompetitor untuk Pebisnis Pemula

Apa itu Riset Kompetitor?

Riset Kompetitor atau Analisis kompetitif adalah strategi di mana Anda mengidentifikasi kompetitor utama Anda dengan cara-cara seperti meneliti produk, hasil penjualan, dan strategi pemasaran mereka.

Dengan melakukan ini, Anda dapat membuat strategi bisnis yang solid yang dapat meningkatkan daya saing produk atau jasa Anda.

Bagaimana Cara memulai Riset Kompetitor?

Riset pesaing penting karena sebagai bisnis lokal, Anda pasti ingin menawarkan value yang lebih kepada customer. Google adalah tempat yang tepat untuk memulai. Anda dapat melihat bagaimana pesaing Anda memposisikan diri dalam iklan mereka.

Berikut ini adalah poin-poin yang dapat Anda perhatikan dalam menganalisa produk atau layanan dari kompetitor Anda.

  • Produk : Bagaimana kualitas dari produk yang dihasilkan oleh pesaing Anda.
  • Layanan : Bagaimana pelayanan , keramahan, kecepatan, dan segala bentuk service yang ditawarkan oleh pesaing Anda
  • Distribusi barang : Dari mana kompetitor memperoleh produknya.
  • Hubungan Relasi : Bagaimana hubungan antara karyawan dan pelanggan dari kompetitor Anda .
  • Reputasi : Bagaimana citra kompetitor Anda di mata publik .
  • Harga : Berapa harga yang ditawarkan oleh pesaing Anda, bagaimana strategi pemberian harga yang mereka lakukan.
  • Strategi Pemasaran: Bagaimana strategi pemasaran yang dijalankan pesaing Anda, apakah sudah mengoptimalkan kekuatan digital marketing.

Jika riset kompetitor dijalankan dengan sangat mendalam, tentu Anda akan melihat banyak informasi dari apa yang sudah dilakukan oleh kompetitor Anda. Anda harus membuat sesuatu yang berbeda sekaligus lebih baik dari pesaing Anda.

Pentingnya Belajar tentang Digital Marketing

Era sekarang ini dimana informasi mengalir begitu cepat , memasuki dunia digital adalah keharusan. Jika pesaing Anda memiliki website, akun instagram, akun facebook page, akun whatsapp bisnis, sementara Anda tidak memilikinya dan tidak ada keinginan untuk belajar, maka jangan heran apabila Anda merasa kalah dalam persaingan.

Bagi Anda para UMKM yang ingin menambah keilmuan tentang dunia bisnis dan kewirausahaan, dunia digital maupun ekonomi kreatif, dapat mengikuti webinar yang diadakan oleh Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ), suatu event tahunan yang diselenggarakan atas kerjasama dan sinergi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bank Indonesia Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat, Otoritas Jasa Keuangan, dan Perbankan dengan mengunjungi halaman berikut ini.

https://karyakreatifjawabarat.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *