Press "Enter" to skip to content

Makanan Khas Banjarnegara

Lucky Candra 0

Banjarnegara adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan serta masih banyak lagi yang tersembunyi, sehingga belum diketahui keindahan dan tempat keren yang ada di Banjarnegara tersebut. Banjarnegara juga memiliki beragam kuliner, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat dengan cita rasa yang sangat memanjakan lidah. Beberapa kuliner di Banjarnegara sebagai berikut :

1. Buntil

masakandapur.com

Banjarnegara Pernah mendengar tentang buntil? Makanan bersantan dari daun singkong yang lezat ini sangat terkenal dan banyak digemari terutama oleh orang-orang penyuka makanan gurih dan pedas. Meskipun khas di Banjarnegara, Anda juga bisa menemukan buntil di daerah lain di Jawa Tengah. Buntil biasanya disajikan dengan campuran lain seperti petai, ikan teri serta juhi sebagai bahan pelengkap. buntil khas Banjarnegara ini cocok dihidangkan bersama nasi hangat dan es teh.

2. Mie Ongklok

id.Wikipedia.org

Menikmati sajian mie yang berbeda dari biasanya memiliki sensasi tersendiri. Mie Ongklok diracik dengan cara dikocok bersama bumbu-bumbu khusus membuat harga mie ini agak sedikit lebih mahal dibanding mie yang lainnya. Campuran daging sapi, ayam, ebi, sawi dan kol mampu menciptakan duet sempurna lengkap yang disajikan bersama sate ayam berkuah kacang kental. Anda bisa menemukan mie ongklok di Semampir, Kecamatan Banjarnegara, warung mie ongklok Pak Tugi, tempat ini yang sudah terkenal dan harganya yang masih wajar untuk pelajar.

3. Soto Krandeng

banjarnegara kaya wisata Blogspot.com

Makanan khas Banjarnegara dengan citarasa nomor satu lezatnya yaitu Soto Krandegan. Perpaduan kuah santan, irisan tauge, ketupat, dan potongan sapi di Soto Krandegan ini sangat cocok menemani sarapanmu di pagi hari.

Penjual Soto Krandegan pun terbilang cukup banyak di Banjarnegara, datang saja ke Alun-alun kota, kamu akan menemukan banyak pedagang yang menjual Soto Krandegan dengan rasa yang nikmat. Sekilas, kuliner khas Banjarnegara ini mirip dengan makanan opor, tapi kalau kamu sudah mencoba mencicipinya, maka akan tahu lezatnya jauh lebih dari sekedar makan opor pada umumnya.

Soto Krandegan disajikan dengan cara ketupat yang telah di potong – potong, lalu disiram dengan kuah santan yang kental, tambahkan tauge muda, kemudian tambahkan rempah-rempah seperti bawang goreng, daun bawang, dan sebagainya, setelah itu, barulah ditambah irisan daging sapi. Sebagai pelengkap bisa disantap bersama kerupuk atau emping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *