Press "Enter" to skip to content

Kuliner Lezat di Magelang

Lucky Candra 0

Di Kota Magelang terdapat beberapa tempat jajan yang mempunyai kekhasan tersendiri, baik dari cita rasa makanan yang dihidangkan, maupun nilai historis yang dikandung di tempat tersebut. Menelusuri tempat jajan di Kota Magelang, ada yang khusus buka disiang hari dan malam hari.

1. RM. Sehati Borobudur Special Ndas Beong.

travelingyuk.com

Mangut ikan Beong menjadi primadona di Rumah Makan yang satu ini. Rasa pedasnya yang menyegarkan dan ikan Beong yang gurih menjadi magnet tersendiri. Tak hanya masyarakat awam yg menikmati olahan ikan Beong yang lezat ini, Bupati, Menteri Pariwisata, bahkan anggota DPR pun pernah mencicipinya.

Ikan beong/baung bernama latin Hemibragus nemurus adalah ikan sejenis lele yang beratnya bisa mencapai hingga 10 kg, lebih besar dari seekor lele dumbo. Lele dan Beong ini masih berasal dari satu rumpun yang sama dikarenakan sama-sama memiliki patil/sungut yang tumbuh seperti kumis di ujung hidungnya, berkulit licin, dan hidup di daerah sungai/air tawar. Yang membedakan adalah ukuran dan warnanya yang berbeda, yaitu kuning atau coklat cerah. Tidak seperti lele yang berwarna hitam atau abu-abu. Rasa daging ikan beong sangat gurih dan paling cocok untuk dimasak pedas, seperti mangut kepala beong ini. Beberapa orang beranggapan bahwa Ikan Beong memiiiki kemiripan dengan Ikan Patin.

Lokasi :

Jl. Borobudur salaman RT.01/RW.06, Bumen, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

2. Tahu Pojok Magelang

tripadvisor.co.id

Kuliner legendaris ini adalah langganan salah satu presiden RI dan masih tetap diminati oleh banyak orang. Dibuka sejak tahun 1942, tahu pojok Magelang ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi, tentunya saat anda berada di Magelang.

Pada awalnya, tahu pojok ini dijajakan menggunakan gerobak keliling. Hingga tahun 50-an, barulah menempati sebuah kios setelah melalui perjalanan yang panjang. Menu kupat tahu yang disajikan diracik menggunakan bumbu yang legendaris juga, dengan resep yang sama selama bertahun – tahun, sehingga cita rasa khas yang diciptakan oleh kuliner ini masih tetap terjaga.

Sepiring ketupat lembut dicampur dengan irisan tahu, kol, dan tauge pun menjadi nikmat setelah disirami bumbu kacang encer yang rasanya manis dan gurih. Anda juga bisa memilih aneka makanan pendamping seperti gorengan, kerupuk dan rempeyek. Wedang ronde, es dawet, dan es cincau pun bisa anda nikmati untuk melepas dahaga.

Lokasi : Jl. Tentara Pelajar, Cacaban, Central Magelang, Magelang City, Central Java 56121


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *