Press "Enter" to skip to content

Kuliner Khas Yogyakarta

Lucky Candra 0

YOGYAKARTA, Kota pelajar ini mempunyai suasana yang hangat, sehangat menu makanan yang disajikan. Sajian khas berselera tentunya mudah didapat, bahkan hampir di setiap persimpangan kota.

1. Pondok makan ayam goreng bu hartin.

spotunik.com

Restoran yang memiliki pemandangan langsung ke hamparan sawah ini punya menu andalan yaitu Ayam Bacem. Bumbunya dibuat dengan rempah-rempah baceman kemudian ayam digoreng sesudah bumbunya meresap sehingga ayam goreng yang disajikan berwarna kecoklatan.

Selain ayam Bacem menu lain yang disajikan berupa; mangut ayam, mangut lele, mangut gurame, ayam kremes, sop ayam, sop iga sapi, nasi goreng, ikan, cumi, dan udang.

Lokasi :

Jalan Sutijab, Driyan, Wates, Wador, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651.

Jam Buka : Setiap hari, mulai pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB.

☎ ( 0274 ) 7479200

2. Gudeg jogja

kotajogja.com

Tersebar di berbagai sudut kota Jogja, Gudeg memang sudah menjadi ciri khas dari kota Jogja. Gudeg terbuat dari nangka yang biasanya diracik dengan sambal goreng krecek, telur pindang, dan areh. Harganya pun sangat bervariatif dan bisa disesuaikan dengan selera anda mulai dari yang manis hingga yang pedas.

Gudeg umumnya dibuat dari gori atau nangka muda. Namun, beberapa variasinya justru dibuat dari manggar atau bunga kelapa yang dimasak dengan bumbu gudeg yang khas. Setelah matang, manggar akan dipotong dan disajikan dengan menu pelengkap lain seperti telur atau ayam bacem, sambal, dan krecek yang gurih lezat. Makanan khas Yogyakarta ini sangat banyak diminati. Bahkan kini keberadaannya tidak hanya di Yogyakarta saja, melainkan tersebar di berbagai kota.

Gudeg memiliki berbagai macam varian diantaranya :

Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.

Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.

Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.

Salah satu kedai gudeg manggar terbaik dikelola oleh Bu Tinur.

GUDEG MANGGAR BU TINUR WAROENG JOGLO.

Lokasi :

Jalan Bibis Raya RT.04, Dusun Gendheng, Bangunjiwo, Kasihan, Bangunjiwo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153, Indonesia. ☎ ( 0274 ) 6461293

Jam Buka : 08.00 WIB – 20.30 WIB.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *