Press "Enter" to skip to content

Kuliner Khas Purworejo

Lucky Candra 0

PURWOREJO Kota ini sangat terkenal dengan wisata alam yang indah, dilengkapi pula dengan wisata kuliner yang beragam. Menyenangkan sekali saat mencari makanan kuliner karena harganya sangat terjangkau. Perut kenyang hati pun senang. Kamu jadi semakin siap untuk menjelajahi kota Purworejo dan menikmati keindahannya.

Dawet Kantor Pos

travelingyuk.com

Dawet ayu ini terbuat dari santan, dawet, tape, dan gula jawa. Ada 2 macam dawet yang dijual yaitu dawet ayu berbahan dasar tepung beras dan dawet ireng yang dibuat dari sagu. Sesuai dengan namanya, dawet ini terletak tidak jauh dari kantor pos. Dalam sehari dawet ini bisa terjual hingga mencapai 300 porsi.

Lokasi :

JALAN AHMAD YANI NOMOR 2 (DEPAN KANTOR POS PURWOREJO)

JAM BUKA: 09.00- 17.00

Sate Winong

sajiansedap.grid.id

Warung dan sate Winong ini berdiri dari tahun 1977 diprakarsai oleh Khoirun (60) yang mengajak para penjaja sate keliling pada masa itu untuk mangkal di depan warungnya. Kerjasama yang saling menguntungkan itu terus berlanjut sampai sekarang dan telah menelorkan 3 generasi.

Dengan merogoh kocek sebesar Rp 25.000 dan Rp 15.000 penikmat daging sudah bisa mendapatkan 1 porsi sate dan gulai tanpa nasi. Harga yang cukup terjangkau untuk kenikmatan sate dan gulai kambing muda yang lembut dan rasanya yang lezat.

Muhyin (40), salah satu penjual sate asal Desa Sutoragan, mengungkapkan resep rahasia dari lezatnya sate Winong ini adalah kecap asli buatan sendiri dengan mencampur bahan seperti gula Jawa dan rempah-rempah.

Kupat Tahu

goodindonesiafood.com

Kupat tahu adalah makanan tradisional yang berbahan dasar ketupat, tahu dan bumbu kacang. Kuliner kupat tahu ini sekilas hampir sama dengan ketoprak atau karedok, namun bedanya terletak pada kuahnya. Kupat tahu adalah kuliner berbahan dasar tahu dengan bumbu pedas, terbuat dari gula jawa yang dicairkan dicampur sayuran seperti kol dan kecambah.

Cenil

dapurmenel.com

Makanan khas Purworejo lainnya yang adalah Cenil. Kuliner ini terbuat dari ketela pohon yang disajikan dengan bentuk bulat-bulat kecil. rasanya yang kenyal membuat makanan ini lebih disukai oleh anak-anak. Cenil umumnya disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi dengan gula merah cair.

Lanthing

omiyago.com

Lanthing ( kadang disebut klanthing ), merupakan makanan ringan sejenis kerupuk yang terbuat dari singkong berbentuk angka delapan atau lingkaran kecil seperti cincin. Asal mulanya hanya mempunyai rasa yang gurih dan asin tetapi sekarang ini mulai muncul aneka rasa seperti asin pedas dan rasa keju.

Lanthing merupakan makan yang tahan lama dan sering dijadikan oleh – oleh bagi para wisatawan yang datang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *