Press "Enter" to skip to content

Kuliner Khas Purwokerto

Lucky Candra 0

Purwokerto adalah ibu kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Purwokerto memiliki banyak wisata alamnya yang terkenal. Di kota ini juga terdapat museum Bank Rakyat Indonesia, karena bank pertama kali berdiri ada disini dan pendiri bank ini adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja putra daerah Purwokerto. Tak hanya wisata alam, Purwokerto punya banyak jenis makanan khas yang tentunya sayang jika Anda lewatkan saat berkunjung ke sini.

Oemah tahu sumedang kang eman

satelitpos.com

Oemah Tahu Sumedang ini pertama kali berdiri di Purwokerto, tepatnya dikawasan Tambak sogra Purwokerto. Menu andalannya memang aneka jenis tahu, namun beragam jenis masakan khas daerah juga turut menjadi menu favorit pelanggan Oemah Tahu Sumedang Mang Eman.

Soto Sukoraja

travel.kompas.com

Sokaraja adalah sebuah nama tempat di Purwokerto. Soto Sokaraja berbeda dengan dengan soto di daerah lain. Perbedaannya yang paling mencolok adalah kuahnya yang sangat kental. Sekali mencoba dijamin bakal ketagihan. Soto ini dimakan menggunakan ketupat yang diberi bumbu kaldu kental dan gurih. Soto Sukoraja memiliki dua macam isian, yaitu daging ayam dan daging sapi.

Getuk Goreng

travelingyuk.com

Getuk goreng merupakan makanan khas Purwokerto yang rasanya manis dan gurih. Bahan yang digunakan adalah singkong dan gula kelapa. Menurut cerita, getuk goreng ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang penjual nasi keliling. Saat itu getuk yang dijualnya tidak laku. Lalu Ia pun mencari cara agar getuk tersebut masih bisa dimakan. Getuk itupun digoreng dan dijual kembali. Ternyata getuk goreng tersebut disukai oleh para pembeli. Anda bisa mendapatkan menemukan getuk goreng di sepanjang jalan di Sokaraja. Getuk goreng yang dijual sekarang ini bukanlah getuk yang tidak laku namun memang sengaja digoreng saat pembuatannya.

Soto Sungeb

pesonanegri.com

Selain Soto Sokaraja, Purwokerto juga memiliki soto khas lainnya. Namanya adalah Soto Sungeb. Soto Sungeb juga menggunakan ketupat seperti pada Soto Sokaraja. Isinya pun hampir sama dengan Soto Sokaraja. Soto ini sudah ada sejak tahun 1958. Berisi ketupat, daging ayam, bihun, krupuk mie kuning dan krupuk merah. Warung soto ini terletak di Jalan RA. Wiria Atmaja No 23 A, Purwokerto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *