Press "Enter" to skip to content

Kuliner Khas Banyumas

Lucky Candra 0

Banyumas adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Purwokerto. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes di utara; Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen di timur, serta Kabupaten Cilacap di sebelah selatan dan barat.

Bakmie Nyemek Bu Trimo

dapurkobe.co.id

Menu yang di sajikan yaitu Mie Nyemek, Mie Rebus / Goreng, Nasi Goreng, Bihun Rebus / Goreng, Ayam Goreng Sambal Lalap Bakmi Nyemek ini berisi mie yang dicampur ayam suwir, telor, ati ampela. Tiap menu yang disajikan dijual dengan harga 25-30 Ribu Rupiah.

Lokasi :

JALAN RAYA BUNTU- GOMBONG KM 6

JAM BUKA: 08.00-23.00

Sate Bebek Wek – wek.

travelingyuk.com

Sate bebek wek-wek Lokasi strategis di tepi jalan raya Tambak (sebelah SMPN-1),daging bebeknya empuk & gurih dilengkapi sambal kecap plus mentimun & mendoan.

Lokasi :

DI SEPANJANG JALAN RAYA TAMBAK, BANYUMAS.

JAM BUKA: 09.00-21.00

Mendoan

travelingyuk.com

Makanan khas banyumas selanjutnya yang bisa anda temukan adalah Mendoan. Makanan ini adalah salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia bahkan saat ini banyak dijual di berbagai kota tidak hanya Banyumas.

Mendoan terbuat dari bahan kedelai yang diolah menjadi tempe dan diiris tipis melebar, lempengan tempe tersebut kemudian dilumuri oleh tepung terigu yang sudah dibumbui dan di beri irisan daun bawang.

Makanan ini sangat sederhana namun rasanya luar biasa lezat, tidak hanya masyarakat banyumas saja yang menyukainya, masyarakat dari luar kota bahkan dari mancanegarapun ketagihan mencicipi olahan tempe ini.

Mendoan biasanya dibungkus dengan daun pisang dan kertas / koran bekas. Makanan ini akan terasa nikmat bila disajikan dengan sambal kecap, saus sambal, atau cabai rawit bulat yang masih ada tangkainya.

Lokasi :

Jl. Raya Purwokerto, Sawangan, Kec. Purwokerto Bar., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53131.

Jam Buka : Setiap Hari, Mulai Pukul 09.00 WIB – 21.30 WIB.

Buntil

rasamasa.com

Nama kuliner yang satu ini mungkin akan terasa aneh bagi sebagian masyarakat, terlebih bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. Buntil merupakan lauk yang biasa dijajakan di pasar tradisional, dan memiliki rasa yang spesial untuk menemani nasi. Buntil merupakan lauk – pauk khas khas Banyumas yang terbuat dari daun pepaya, daun singkong ataupun daun talas (daun lumbu) yang bentuknya sebesar kepalan tangan anak-anak. Proses pembuatannya yang diikat – ikat ( diuntil – until ) membuat kuliner yang satu ini dijuluki buntil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *