Press "Enter" to skip to content

Kuliner di Jalur Mudik Serang

Lucky Candra 0

Kota Serang adalah ibu kota Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini berada di bagian utara Provinsi Banten, dan dikelilingi oleh Kabupaten Serang di sebelah selatan, barat, dan timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Kota Serang dilintasi jalan tol Jakarta-Merak. Masyarakat asli kota Serang berlogat kental Bahasa Jawa Serang.

Adapun beberapa makanan khas yang dapat anda cicipi saat melintasi Kota Serang.

1. Sate Bandeng

merahputih.com

Dalam olahan sate bandeng, daging ikan telah di hancurkan kemudian dicampur dengan santan dan bumbu rempah kemudian dimasukkan kembali kedalam ikan. Sate bandeng biasanya jadi oleh – oleh khas Serang. Bahan untuk membuat sate bandeng ini adalah santan kental yang membuat rasanya menjadi asin, manis, gurih. Sate bandeng banyak dijual di sepanjang jalan depan Rumah Sakit Sari Asih Serang menuju gerbang tol Serang Timur.

SATE BANDENG RM. SAMPURNA

Jl. Jendral Ahmad Yani, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117.

2. Nasi Bakar Sumsum

travelingyuk.com

Nasi Bakar Sumsum dikenal dengan rasa gurih dan sensasi sedikit pedas. Nasi Bakar Sumsum disajikan beralaskan piring bambu dan daun pisang. Sebelum dibakar nasi dibumbui terlebih dahulu dengan daun salam, serai, cabai, dan bawang. Serta ditambah sumsum. Sumsum yang dipakai biasanya adalah sumsum kerbau, karena jika memakai sumsum sapi akan meleleh jika terkena panas. Biasanya makanan ini dimakan memakai sambal kacang dan otak – otak ikan.

Nasi Bakar Sumsum disajikan dengan irisan tomat segar dan mentimun. Warna nasi yang kemerahan dengan aroma rempah yang kuat lebih nikmat jika disajikan saat panas.

NASI SUMSUM MANG PURI

Jl. Kapten Swardo No. 15B, Kota Baru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42112.

Jam Buka : Setiap Hari Mulai 04.30 WIB-22.00 WIB.

3. Rabeg H. Naswi Magersari

phinemo.com

Rabeg merupakan kuliner khas Banten yang wajib dicicipi setelah sate bandeng. Rabeg adalah hidangan makanan yang umumnya berbahan dasar daging kambing ini mempunyai citarasa manis yang gurih dan sedikit pedas.

LOKASI :

Jl. Mayor syafei No. 30 Kota Baru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42112.

Jam Buka : Setiap Hari Mulai 09.00 WIB – 03.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *