Press "Enter" to skip to content

Kuliner di Jalur Mudik Surabaya

Lucky Candra 0

Surabaya adalah salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia sekaligus ibukota Provinsi Jawa Timur. Proses imigrasi menjadikan Kota Surabaya sebagai kota multi etnis yang kaya akan budaya. Wilayah Kota Surabaya dibagi dalam 31 kecamatan dan 163 kelurahan.

Rawon Kalkulator

id.tastemade.com

Warung Sedap Malam adalah nama tempat makan yang menjual Rawon Kalkulator ini. Rawon Kalkulator memiliki sejarah tersendiri. Sudah berusia lebih dari 35 tahun, Rawon yang satu ini masih tetap digemari oleh banyak orang.

Meski nama aslinya adalah Warung Sedap Malam, namun banyak sekali pengunjung yang menyebut kedai sederhana ini dengan julukan Rawon Kalkulator. Mungkin karena kepopuleran rawon itu sendiri yang sudah melekat di hati masyarakat. Meski kasirnya menghitung cepat tidak menggunakan alat hitung, namun kecepatan berhitungnya menyerupai kalkulator. Hingga sang kasir dijuluki kalkulator dan melekat pada rawon yang dijualnya. Bagimana, ajaib bukan ?

Yang menjaadi daya tarik bukan hanya ketangkasan kasirnya saja yang menghitung cepat seperti sebuah kalkulator, tapi rasa rawonnya yang lezat dan tidak mudah dilupakan membuat banyak orang ingin datang kembali menikmatinya.

Sentra PKL Tamam Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241

Jam Buka : Setiap Hari Pukul 11.00 WIB – 03.00 WIB.

Rujak Cingur Genteng Durasim

id.tastemade.com

Rujak cingur Durasim ini sudah berdiri sejak 1942. Jika bukan karena rasanya yang otentik, rujak cingur Durasim mungkin tidak bertahan lama dalam daftar wisata kuliner di Surabaya. Rasa dari sambal bumbu kacang dan petis yang dibuatnya begitu khas dan terasa mantap membuat rujak cingur ini menjadi salah satu kuliner yang melegenda di Surabaya. Jumlah pelanggannya dari waktu ke waktu juga terus bertambah banyak.

Salah satu keunikan rujak cingur Durasim ini adalah cobek yang digunakan untuk mengolah sambalnya. Pengelola mengatakan bahwa cobek tersebut sudah berusia 76 tahun lamanya, wow …

Penasaran dengan rujak cingur dan cobeknya ?

Yuk yang melintasi kota ini saat mudik silahkan mampir …

Lokasi:

Jl. Genteng Durasim No.29, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur

Jam buka: Setiap hari, mulai 10.30 hingga 17.30 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *