Press "Enter" to skip to content

Kuliner di Jalur Mudik Probolinggo

Lucky Candra 0

PROBOLINGGO Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kabupaten ini dikelilingi oleh pegunungan Tengger, Gunung Semeru, dan Gunung Argopuro.Kota Probolinggo, memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Saat dilanda lapar kala berlibur, tentunya kuliner daerah sekitar nggak boleh ketinggalan. Di kota ini sendiri terdapat banyak makanan asli Probolinggo khas dengan cirinya sendiri. Berikut adalah makanan khas dari Probolinggo yang jangan sampai anda lewatkan.

Bakso Eddy

travelingyuk.com

Satu porsi di Bakso Eddy berisi beragam menu menggiurkan. Ada bakso seperti urat berbentuk segitiga, ati, telur serta tahu isi dan bakwan goreng. Aneka menu tersebut makin nikmat dengan siraman kuah bening yang aromanya semerbak. Apalagi ditambah dengan daun seledri serta sambal khas racikan Pak Eddy.

LOKASI : JL. SOEKARNO HATTA NO.158A, PILANG, KADEMANGAN, KOTA PROBOLINGGO, JAWA TIMUR 67221

JAM BUKA : MULAI PUKUL 09.00 WIB-20.30 WIB SETIAP HARI

Nasi Jagung Merpati

idntimes.com

Meskipun nasi jagung tergolong makanan yang tradisional. Tetapi kelezatan nasi jagung di Probolinggo ini patut diperhitungkan, karena memang olahan nasi jagungnya sangat lezat dan istimewa. Ditambah lagi dengan perpaduan. Lauk – pauk yang pas.

Lokasi :

Jl. Sunan Kalijogo, Mayangan, Probolinggo

Jam Buka : Setiap Hari, Mulai Pukul 24.00 WIB – 02.00 WIB, 15.00 WIB – 23:59 WIB.

Soto Krakasan Pak Koya

tribunnews.com

Makanan ini berasal dari daerah bernama Kraksaan di Probolinggo. Sekilas memang mirip seperti soto ayam pada umumnya, namun kuah soto kraksaan dibuat dengan campuran santan dan serbuk kelapa yang disanggrai. Sebagai pelengkap Soto Kraksaan ini dilengkapi dengan irisan kentang yang di kukus dan kerupuk udang.

Lokasi :

Jl. Mayjend Sutoyo, RT.3/RW.2, Patokan, Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur 67282

Jam Buka : Setiap Hari, tutup pukul 21.00 WIB.

Ketan Kratok

majalah kartini.co.id

Ketan kratok merupakan jajanan pasar yang mana merupakan makanan khas Probolinggo. Sajiannya mirip seperti kuliner ketan pada umumnya, beras ketan direndam dan dicuci bersih kemudian dimasak dan ditaburi parutan kelapa. Tapi yang membuat unik adalah campuran kratok atau kacang koro. Dalam penyajiannya ketan kratok ditaburi dengan parutan kelapa dan juga cairan gula merah mungkin kalau di tempat lain bisa di sebut juruh. Ketan Kratok ini mempunyai rasa yang gurih sedikit asin juga manis yang berasal dari gula merah cair.

Lokasi :

Jl. Dr.Sutomo, Tisnonegaran, Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67217 (sekitar pukul 04.30 WIB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *