Press "Enter" to skip to content

Kuliner di Jalur Mudik Pemalang

Lucky Candra 0

Pemalang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Pemalang terdiri atas 14 Kecamatan, yang dibaggi lagi atas sejumlah desa desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Pemalang.

Batas wilayah Kabupaten Pemalang antara lain:

sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga, Timur berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan, sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Tegal.

Nasi Grombyang

idntimes.com

Nasi Grombyang adalah jenis nasi campur yang merupakan makanan khas dari masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Sajiannya berupa kuah soto berisi potongan – potongan daging, kuahnya berwarna gelap seperti rawon. Daging yang digunakan adalah daging sapi. Ada juga sate untuk makanan pendamping nasi grombyang, Nasi grombyang tidak cocok buat kamu yang suka porsi besar. Karena porsinya memang kecil, sebagian besar pengunjung memesan lebih dari 1 porsi.

Lokasi :

NASI GROMBYANG H. WARSO

Jl. R.E. Martadinata No.Kelurahan, Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52312.

Jam Buka : Setiap Hari, Mulai 09.00 WIB – 21.00 WIB

Sate Loso

sogilo.com

Jika sate biasanya memanfaatkan daging sapi,kambing ataupun juga ayam, kuliner dari pemalang ini menggunakan daging kerbau. Bumbunya ada dua macam, bumbu kacang dan juga bumbu sate ( kecap ). uniknya, sate ini biasanya disajikan bersama dengan sup yang berisi tulang muda, urat dan juga toge.

Lokasi :

Jl. Urip Sumoharjo No. 327, Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52312.

Jam Buka : Setiap Hari, Mulai 10.00 WIB – 22.00 WIB.

Lontong Dekem

detikfood.com

Kuliner Pemalang lainnnya yang tidak kalah enak adalah Lontong Dekem. Kuliner ini berupa Lontong yang dipadukan dengan sate khas dekem. Sajian Lontong Dekem ini berkuah hangat mirip seperti soto, perpaduan kuah gurihnya yang lezat sangat menggoda, hanya saja tidak dicampur dengan tauge. Potongan lontong yang dipadu dengan parutan kelapa sangrai serta taburan kerupuk mie

Lokasi :

LONTONG DEKEM PAK DRADJAT

Jl. Mochtar, Kebondalem, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52312.

Jam Buka : Setiap Hari, Mulai 17.00 WIB – 22.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *