Press "Enter" to skip to content

Kuliner di Jalur Mudik Pasuruan

Lucky Candra 0

PASURUAN (GEMPOL+PANDAAN)

Kota Pasuruan adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 60 km sebelah tenggara Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur dan 355 km sebelah barat laut Denpasar, Bali. Seluruh wilayah Kota Pasuruan berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan. Kota Pasuruan berada di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali yang menjadikannya sebagai kota dengan prospek ekonomi yang besar di kawasan Indonesia bagian timur. Kawasan Pasuruan merupakan kawasan pertanian dan perdagangan sejak periode klasik Indonesia. Pelabuhan Pasuruan telah melayani perdagangan untuk kerajaan-kerajaan di Jawa Timur.

Pada masa penguasaan oleh VOC (diserahkan dari wilayah Kesultanan Mataram sebagai imbalan bantuan VOC dalam perang Suksesi Jawa, Pasuruan menjadi salah satu penghasil utama komoditas perdagangan hasil pertanian. Hal ini diteruskan pada periode penguasaan oleh Hindia Belanda. Berikut ini beberapa makanan khas Pasuruan yang bisa dinikmati bersama teman, keluarga, maupun orang – orang terdekat.

Nasi Punel Hj. Lin

tripadvisor.co.id

Nasi punel adalah makanan khas dari kota Bangil, Pasuruan. Nasi ini bertekstur lembut dan agak menggumpal. Umumnya makanan ini disajikan di atas piring yang beralaskan daun pisang. Bertempat Persis di depan kantor Telkom Bangil, warung milik Hj. Lin ini memiliki tempat yang terbilang cukup kecil namun pelanggannya selalu ramai. Satu porsi nasi punel ini berisi serundeng, sambal wekwek ( sambal terasi yang dicampur dengan irisan kacang panjang mentah), sayur nangka, botok kelapa, dan lauk yang sesuai dengan pilihan seperti ayam goreng, empal daging, dan juga telur.

Lokasi :

Jl. DR. Soetomo No.9, Gempeng, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153.

Jam Buka : Setiap Hari mulai dari jam 06.30 hingga 20.00 malam.

Kupang Krathon

travelingyuk.com

Kupang adalah sejenis kerang yang dimasak dengan campuran bumbu bawang putih, biasanya dihidangkan bersama dengan petis kupang, jeruk nipis, lontong dan irisan lento, bila suka bisa ditambahkan cabe rawit, lebih nikmat dimakan bersama Sate Kerang. Makan kupang kerathon ini bisa ditemani dengan Es Degan Hijau, disamping segar es degan juga bisa meminimalisir alergi kupang & kerang.

Lokasi :

Jalan Veteran Gg.2 Rt.03/Rw.01, Bugul Lor, Bugulkidul, Bugul Kidul, Kec. Bugulkidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67129.

Jam Buka : Setiap Hari, Tutup Pukul 19.00 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *