Press "Enter" to skip to content

Kuliner di Jalur Mudik Cirebon

Lucky Candra 0

Kupas Bisnis Kuliner – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Dicari dengan kata kunci : Kuliner Cirebon, Wisata Kuliner Cirebon, Kuliner CirebonTerkenal, Kuliner Khas Cirebon, Kuliner di Jalur Mudik Cirebon, Kuliner Kota Cirebon Jawa Barat, Makanan Khas Cirebon, Info Tegal.

Kota Cirebon berada di pesisir utara Pulau Jawa atau lebih dikenal dengan jalur pantura. Jalur ini menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Cirebon merupakan sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa.

Kemudian Cirebon berkembang menjadi sebuah desa yang ramai dan diberi nama Caruban. (carub dalam bahasa Cirebon artinya bersatu padu). Nama tersebut diberikan karena bercampurnya para pendatang dari berbagai suku dan daerah diantaranya, Sunda, Jawa, Tionghoa, dan unsur-unsur budaya bangsa Arab.

Selain karena faktor penamaan tempat penyebutan kata cirebon juga dikarenakan sejak dulu mata pecaharian sebagian besar masyarakat adalah nelayan, pekerjaan menangkap ikan dan rebon (udang kecil) di sepanjang pantai, serta pembuatan terasi, petis dan garam.

Dari istilah air bekas pembuatan terasi inilah berkembang sebutan cai-rebon (bahasa sunda: air rebon), yang kemudian menjadi cirebon. Namun ternyata Cirebon juga memiliki kuliner yang menarik dan wajib dicoba. Jika Anda dalam perjalanan mudik melewati Kota Cirebon anda bisa mampir ke tempat – tempat kuliner berikut ini :

1. Empal Gentong

cookpad.com

Empal Gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai dan di masak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang Digunakan adalah usus, babat, dan daging sapi.

EMPAL GENTONG MANG DARMA

Jl. Slamet Riyadi No. 1, Cirebon 45124. ☎ 089655077400

2. Nasi Jamblang

travelingyuk.com

Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat Kota Cirebon, tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan.

NASI JAMBLANG IBU NUR Jl. Cengkaring No. 45, Cirebon, Jawa Barat. ☎ ( 0231 ) 234737

3. Nasi Lengko

inibaru.id

Kuliner yang satu ini terdiri dari nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, mentimun segar dicacah, tauge rebus, dan kucai yang dipotong kecil – kecil, bawang goreng, bumbu kacang yang seperti bumbu rujak dan kecap manis.

NASI LENGKO PAGONGAN H. BARNO

Jl. Pagongan No. 15B, Cirebon 45118. ☎ ( 0231 ) 210064

4. Tahu Gejrot Kanoman

piknikdong.com

Tempat pertama yang langsung direferensikan oleh orang-orang Cirebon adalah Tahu Gejrot Kanoman. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang cukup populer di Cirebon, karena terkenal dengan tahu gejrot yang paling banyak direferensikan. karena semua bahan-bahan untuk tahu gejrot ini disajikan dengan sangat pas.

Lokasi :

toko shinta, Jl. Kanoman No.depan, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45117 ☎ 0852-2410-4475

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *