Press "Enter" to skip to content

Kuliner di Jalur Mudik Batang

Lucky Candra 0

Sebagian besar wilayah Kabupaaten Batang merupakan perbukitan dan pegunungan. Dataran rendah di sepanjang pantai utara tidak begitu lebar.

Kabupaten Batang terdiri atas 15 kecamatan. Dengan pusat pemerintahan berada di Kecamatan Batang.

Di Wilayah ini juga terdapat banyak industri tekstil, dari industri rumah tangga sampai ekspor, antara lain PT Primatex dan PT Saritex. Kabupaten Batang memiliki lokasi yang sangat strategis misalnya saja dari sisi ekonomi, karena dilewati oleh jalur perdagangan Nasional, jalan pantura. Wilayahnya yang memiliki garis pantai yang terhitung panjang berpotensi untuk dikembangkan menjadi pelabuhan perikanan maupun pelabuhan kargo untuk barang-barang hasil produksi industri setempat.

Rencana Pemerintah Pusat untuk membangun jaringan transmisi gas bumi dari Cirebon, Jawa Barat ke Gresik, Jawa Timur memiliki potensi tumbuhnya industri besar disepanjang jalur pipa gas tersebut. Pasokan listrik di wilayah Batang juga dapat diandalkan, karena dilewati oleh jaringan SUTET milik PT PLN (persero). Di beberapa wilayah juga memiliki potensi energi hidro yang dapat dikembangkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).

Wilayah Batang yang sangat luas, dengan sejarah bencana geologi yang hampir tidak ada, ditunjang sumber daya manusia yang melimpah akan menguntungkan bagi investor yang hendak membangun industri di wilayah ini.

Selain wilayahnya yang sangat straategis, Batang juga memiliki kuliner khas yang sangat lezat, diantaranya sebagai berikut :

Lontong Lemprak

indonesiatripnews.com

Lontong dengan siraman kuah santan dan bumbu rempah serta dibubuhi dengan suwiran daging ayam kampung selalu menjadi incaran masyarakat Batang dan para wisatawan dari luar kota maupun dari mancanegara.

Lokasi :

LONTONG LEMPRAK MBAK MUR

Jl. Ahmad Yani No.58, Bogoran, Kauman, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51216.

Soto Kebo

makananoleholeh.com

Selain lontong, kuliner yang hampir bisa ditemukan diseluruh penjuru nusantara adalah soto Tidak heran jika soto banyak digemari karena kelezatan rasanya. Batang juga memiliki kuliner soto yang cukup unik yaitu soto kebo. Selama ini kita seringkali menjumpai soto dengan menggunakan daging sapi, kambing atau ayam. Namun soto khas Batang ini menggunakan daging kerbau. Penyajian soto daging kerbau sama dengan penyajian soto kebanyakan. Yang membedakannya adalah tekstur daging kerbau yang sangat nikmat apalagi dimakan selagi masih hangat.

Lokasi :

SOTO KEBO BU IIS

Jl. Dr. Wachidin, RW.03, Kauman, Kec. Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51216.

Surabi Kali Beluk

discoverpekalongan.com

Surabi ini berasal dari Desa Kali Beluk. Surabi ini memiliki dua varian rasa yang bisa dinikmati diantaranya kelapa dan gula merah. Surabi ini dimasak menggunakan arang agar aroma yang dihasilkan lebih khas dan juga harum. Ukuran surabi ini berdiameter kurang lebih 30 centimeter untuk yang berukuran jumbo atau lebih besar. Teksturnya yang empuk serta aroma menggoda yang dihasilkannya membuat rasa Surabi Kali Beluk ini semakin nikmat.

Lokasi :

Krajan, Kalibeluk, Warungasem, Batang Regency, Central Java 51252

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *