Press "Enter" to skip to content

Pembuatan Izin Usaha Dagang (UD) atau Perusahaan Dagang (PD)

kupas bisnis 1

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Apa itu Izin Usaha Dagang (UD) atau Perusahaan Dagang (PD)

Surat Izin Usaha Dagang (UD) merupakan sebuah surat izin yang memperkuat pelaksanakan kegiatan usaha dagang. Pada dasarnya UD atau Perusahaan Dagang (PD) adalah suatu bentuk badan usaha seperti CV dan PT.

Usaha Dagang (UD) atau Perusahaan Dagang (PD) sebenarnya bukanlah suatu Badan hukum namun demikian bentuk perusahaan ini telah banyak diterima oleh dunia perdagangan di Indonesia.

Bentuk badan atau lembaga ini tercipta dalam suasana hukum perdata untuk menjalankan suatu usaha.

Usaha Dagang (UD) atau Perusahaan Dagang (PD) dibentuk atas dasar kehendak (sendiri dari) seorang pengusaha.

Dimana seorang pengusaha tersebut mempunyai cukup modal untuk berusaha dalam bidang perdagangan, sudah merasa ahli atau berpengalaman.

Sebagai seorang pengusaha Usaha Dagang /Perusahaan Dagang tidak bisa mengharapkan keahlian dari orang lain, sebab baik pengusaha atau manajernya adalah dia sendiri.

Jika modalnya kecil, dia bekerja sendiri, tetapi jika modalnya cukup besar dan kegiatan usahanya makin besar, dia akan menggunakan beberapa orang buruh sebagai pembantunya.

Keahlian, teknologi dan manajemen dilakukan oleh pengusaha itu sendiri diri, begitu pula untung rugi, sepenuhnya menjadi beban si pengusaha sendiri.

Usaha Dagang (UD) atau Perusahaan Dagang (PD) sebagai suatu lembaga di bidang perniagaan sudah lazim diterima dalam masyarakat Indonesia.

Karena peraturannya belum ada, maka prosedur atau tata cara mendirikan perusahaan itu secara resmi belum ada.

Walau demikian, dalam praktek prosedur ini bisa diselidiki sebagaimana kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat perdagangan di Indonesia.

Cara Mendirikan Usaha Dagang (UD) atau Perusahaan Dagang (PD)

Umumnya bila Anda hendak mendirikan Usaha Dagang (UD) atau Perusahaan Dagang (PD) maka Anda dapat memprosesnya dengan cara:

  1. Mengajukan permohonan untuk meminta izin usaha kepada Kepala Kantor Wilayah Departemen Perindustrian dan Perdagangan setempat.
  2. Mengajukan permohonan untuk meminta izin tempat usaha kepada Pemerintah Daerah setempat.

Berdasarkan kedua surat izin tersebut Anda sudah dapat memulai usaha perdagangan yang Anda kehendaki.

Kedua surat izin itu juga sudah merupakan tanda bukti sah menurut hukum bagi Usaha Dagang (UD) atau Perusahaan Dagang (PD) yang akan melakukan usahanya, karena kedua instansi tersebut menurut hukum berwenang mengeluarkan surat izin dimaksud.

Perbedaan Usaha Dagang (UD) Perseroan Terbatas (PT)

  • Kepemilikan UD adalah perseorangan sementera kepemilikan PT Minimal 2 orang pendiri/pemegang saham.
  • Status UD Bukan Badan Hukum sementara PT adalah Badan Hukum.
  • Tanggung Jawab UD Tidak terbatas, hingga ke harta pribadi, sementara PT Terbatas, sebatas modal yang disetor/sebatas saham yang dimiliki.
  • Fungsi pemilik dan pengurus , di dalam UD Pemilik, umumnya sekaligus sebagai pihak yang mengurus jalannya usaha, sementara dalam PT ada pemisahan fungsi antara pemegang saham dan pengurus/direksi.

Itulah beberapa pengetahuan tentang Usaha Dagang (UD) atau Perusahaan Dagang (PD). Dengan memiliki surat izin tersebut, itu menandakan bahwa Anda sudah tercatat secara legal oleh pemerintah. Lebih kuat lagi jika Anda melengkapi diri dengan SIUP.

Usaha atau perusahaan Anda akan terhindar dari tindakan penertiban ataupun hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kekuatan hukum jika suatu saat ada pihak yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja mengganggu kegiatan usaha atau perusahan Anda. Jadi, sangat penting untuk memiliki izin tersebut.

Cek saldo BPJS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *