Press "Enter" to skip to content

Contoh Analisis SWOT serta Manfaatnya

kupas bisnis 0

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Contoh Analisis SWOT dan Manfaatnya – Analisis SWOT adalah salah satu strategi bisnis yang penting untuk dipelajari. Mereka para pengusaha yang ingin memiliki perusahaan yang besar dan berkembang harus mempelajari analisa SWOT dengan sebaik-baiknya. Selain itu, para pengusaha juga dapat mempelajari tentang contoh dari analisis SWOT untuk menjadikan usahanya lebih maju.

Contoh Analisis SWOT dan Manfaatnya

Analisis Swot Contoh
Analisis Swot Contoh

Di bawah ini akan diberikan contoh Analisis SWOT yang dilakukan oleh perusahaan NOKIA yang merupakan salah satu produk telepon genggam terbesar di Indonesia.

Strength

Kekuatan yang dimiliki antara lain adalah:

  • Pengalaman yang sudah lama. Ponsel Nokia bahkan sudah meluncurkan telepon genggamnya sejak tahun 1992.
  • Hubungan dengan pelanggan juga sudah sangat kuat. Nokia merupakan salah satu merk ponsel yang sudah terkenal di seluruh dunia. Brand ini juga sudah melekat di hati banyak orang.
  • Terdapat banyak produk untuk semua kalangan. Nokia menghadirkan produk yang bisa dipakai untuk semua kalangan mulai dari produk yang murah hingga produk yang mahal.

Weakness

Weakness artinya kelemahan. Berikut ini analisis SWOT contoh dari brand Nokia.

  • Kelemahan yang berhasil di analisis adalah pangsa pasar yang sudah hilang. Berbagai macam brand yang sudah maju di era ini membuat pangsa pasar

Opportunities

Opportunities artinya kesempatan. Bagaimana Nokia menganalisis SWOT dari segi opportunities?

  • Salah satu kesempatan yang dimiliki oleh Nokia untuk mengembangkan produknya adalah dengan memproduksi ponsel berbasis smartphone. Kini, smartphone menjadi salah satu jenis ponsel yang digemari banyak orang. Untuk mendapatkan pasarnya kembali, Nokia bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Threats

Threats artinya adalah ancaman. Apa ancaman yang sedang dihadapi oleh brand Nokia?

Adanya  ponsel China dan berbagai macam ponsel canggih seperti Apple menjadi salah satu pesaing bagi Nokia. Meskipun pada tahun 2000 an Nokia hampir tidak ada saingannya, namun semakin berkembangnya jaman rupanya membuat banyak pesaing yang muncul.

Jika semua analisis tersebut sudah dilakukan, maka hal ini dapat menjadi salah satu pembelajaran tersendiri bagi brand Nokia. Dengan demikian, brand ini akan lebih mudah dalam mengembangkan proses selanjutnya. Itulah analisis swot dan contohnya, semoga bermanfaat.

Baca juga tips bisnis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *