Press "Enter" to skip to content

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Jaminan Hari Tua

kupas bisnis 3

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Also rank for: bpjs online, jamsostek, cek saldo bpjs, cek saldo jamsostek, bpjs ketenagakerjaan online, cek saldo bpjs ketenagakerjaan, cek bpjs, bpjsketenagakerjaan, www.bpjsketenagakerjaan.go.id, bpjs tenaga kerja, bpjs ketenagakerjaan login, bpjstk, cek bpjs ketenagakerjaan, e klaim bpjs, jamsostek online, disini, cara cek saldo jamsostek, ketenagakerjaan, klaim bpjs, klaim bpjs ketenagakerjaan, sipp online bpjs ketenagakerjaan, tenaga kerja, bpjs tk, bpjs ketenaga kerjaan, cek saldo jht, e klaim, bpjs checking, cek bpjs online, jamsostek ketenagakerjaan, login bpjs ketenagakerjaan, cara cek saldo bpjs, cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan, karir bpjs, cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan, www.jamsostek.co.id, saldo, cek saldo bpjs kesehatan, jamsostek login, sipponline, contoh cek, login bpjs, daftar bpjs ketenagakerjaan, jht, www.bpjsketenagakerjaan.go.id cek saldo jht, bpjs ketenagakerjaan cek saldo, jamsostek cek saldo, saldo bpjs, pencairan bpjs ketenagakerjaan, kartu bpjs ketenagakerjaan.

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Bagaimana cara Cek Saldo Jaminan Hari Tua. Sebelum kita bahas, sebagai pengantar kita ulas secara singkat apa itu BPJS Ketenaga kerjaan dan Jaminan Hari Tua atau JHT. Baca juga SIM keliling Bekasi

BPJS Ketenagakerjaan

BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS Ketenagakerjaan adalah bentuk transformasi dari PT Jamsostek yang tadinya merupakan perusahaan menjadi berbentuk Badan Hukum Publik sesuai UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Jamsostek adalah singkatan dari Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Kiprahnya di Indonesia memiliki perjalanan yang sangat panjang sebelum akhirnya bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan seperti yang sekarang kita kenal.

Sebagai kelanjutan program-program Jamsostek yang memberikan perlindungan dasar atas pemenuhan kebutuhan para tenaga kerja dan keluarganya, BPJS Ketenagakerjaan juga senantiasa meningkatkan pelayanan di setiap lini.

Transformasi tersebut juga kendati awalnya cukup memunculkan pro kontra, pada akhirnya juga membawa penyegaran baik dari segi fasilitas dan kemajuan di segi penyelenggaraan pelayanan.

Dengan sistem pelayanan yang semakin ditingkatkan BPJS Ketenagakerjaan dipercaya melanjutkan pelayanan program Jamsostek seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT).

Jaminan Hari Tua (JHT)

jaminan hari tua.JPG

Apa itu JHT ? Jaminan Hari Tua adalah program layanan BPJS Ketenagakerjaan yang diatur dalam PP No. 46 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Program Hari Tua.

Jaminan Hari Tua memiliki sejumlah manfaat. Manfaat tersebut berupa uang tunai yang akan dibayarkan sekaligus pada saat peserta :

  • Mencapai umur 56 tahun atau meninggal dunia, atau cacat total tetap
  • Berhenti bekerja yang telah memenuhi masa kepesertaan 5 tahun dan masa tunggu 1 bulan
  • Pergi keluar negeri tidak kembali lagi, atau menjadi PNS/POLRI/ABRI

Secara sederhana jika kita ikut Jaminan Hari Tua, mirip seperti menabung. Kita diwajibkan memberikan iuran berupa uang kepada BPJS Ketenagakerjaan, dimana besar iuran tersebut sudah ditentukan persentasenya dalam jangka waktu tertentu untuk akhirnya dapat diperoleh manfaat-manfaat yang disebutkan sebelumnya.

Uang kita yang masuk ke BPJS Ketenagakerjaan dalam jangka waktu tertentu tersebut “diputar” atau dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan di berbagai instrumen investasi.

Instrumen investasinya antara lain produk surat utang atau obligasi negara, deposito, saham, properti, reksadana dan investasi lainnya.

Uang untuk Jaminan Hari Tua tersebut nantinya akan dikembalikan atau dibayarkan sebesar iuran yang terkumpul ditambah dengan hasil pengembangannya (paling sedikit sebesar rata-rata bunga deposito counter rate bank pemerintah).

Hal ini menarik mengingat uang kita akan berkembang dengan sendirinya dan memperoleh kepastian dari negara untuk dikembalikan kembali kepada kita.

Sambil menuju usia pensiun adalah wajar jika kita sesekali penasaran untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan kita di progam JHT tersebut.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Untuk sekarang ini informasi yang dapat anda cari terkait cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat diperoleh melalui beberapa cara. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda tempuh.

Simak juga artikel lainnya: Mandiri Internet Bisnis.

Cek Saldo BPJS Ketenaga kerjaan via SMS

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang paling mudah adalah melalui SMS. Layanan ini untuk sementara hanya dapat digunakan bagi kalian yang memiliki nomor GSM dari provider Indosat Ooredoo dan Telkomsel. Layanan ini dikenakan tarif sebesar Rp165 per SMS.

Berikut langkah-langkahnya untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS:

1. ketik DAFTAR Kirimkan SMS ke 2757 , selanjutnya kalian akan menerima balasan SMS seperti ini.

cek saldo bpjs ketenagakerjaan via sms

2. Lanjutkan dengan ketik SALDO(spasi)NOMOR PESERTA lalu kirim SMS ke 2757

3. Selanjutnya kalian akan menerima SMS balasan berupa nama peserta, nilai upah, tanggal terakhir pembayaran iuran dan nilai terakhir saldo.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Aplikasi BPJSTKU

Bagi anda pemilik smartphone, anda juga dapat melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi mobile yang bernama apilkasi BPJSTKU. Kalian dapat mendownload aplikasi BPJSTKU di sistem android dan iOS.

bpjstku , cek saldo bpjs ketenagakerjaan

BPJSTKU adalah Aplikasi resmi terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan sebagai pengganti aplikasi BPJSTK Mobile.

BPJSTKU memiliki fungsi yang luas tidak hanya sekedar cek saldo BPJS ketenagakerjaan, tetapi sekaligus sebagai sebagai media layanan informasi Program BPJS Ketenagakerjaan keseluruhan.

Aplikasi ini juga sekaligus sebagai media pengaduan seperti contohnya ketidaksesuaian status kepesertaan, jumlah upah dan jumlah karyawan.

BPJS Ketenagakerjaan tentu saja akan terus melakukan update fitur dan bug fixing aplikasi BPJSTKU tersebut.

 

 

Apa saja fitur aplikasi BPJSTKU ? Ini dia diantaranya:
1. Pendaftaran menggunakan Data kependudukan
2. Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) secara Online cepat dan akurat
3. Simulasi Perhitungan Jaminan Hari Tua (JHT)
4. Informasi Program
5. Informasi Kantor Cabang
6. Informasi Pusat layanan dan Sosial Media
7. Layanan Pengaduan

 

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Selain cara pertama, cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang berikutnya adalah dengan mengunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut ini langkah-langkah cek saldo via website:

Kunjungi url https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ anda akan menuju halaman seperti tampilan di bawah ini.

Klik menu Layanan Peserta jika anda sudah terdaftar atau pilih daftarkan saya jika anda belum terdaftar.

Ketika anda memilih Layanan Peserta selanjutnya anda akan menuju tampilan halaman seperti di bawah ini.

cek saldo bpjs ketenagakerjaan via website resmi

Pilih bagian Tenaga Kerja, klik tombol masuk, lalu anda akan otomatis di redirect ke url https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs dengan tampilan seperti di bawah ini.

 

Bila Anda telah terdaftar, maka anda akan memiiki User ID sesuai E-KTP atau alamat email yang anda pakai untuk mendaftar.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan kunjungan langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara yang satu ini terbilang kurang efektif jika hanya sekedar ingin melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Namun untuk para peserta yang baru mendaftar, kunjungan langsung ke Kantor BPJS adalah pilihan yang masuk akal. Karena anda dapat bertanya langsung dan memperoleh informasi selengkap-lengkapnya tentang BPJS pada umumnya dari sumber yang valid.

Akan banyak antrian, bahkan sejak pintu gerbang kantor belum dibuka. Namun kebanyakan adalah para masyarakat yang hendak mengurus kepesertaan baru BPJS Kesehatan.

Ketika pintu gerbang dibuka, antrian langsung terbagi-bagi, bertanyalah pada petugas di sana mana antrian untuk permasalahan anda. Jangan sungkan bertanya karena waktu anda bisa sia-sia apabila salah antrian.

Bukan Penerima Upah, BPU BPJS Ketenagakerjaan

Informasi Khusus Untuk freelancer, seniman, artis, tukang ojek online dan semacamnya yang mendaftar BPU – Bukan Penerima Upah di BPJS Ketenagakerjaan.

Khusus bagi Anda para pekerja freelance dan baru selesai mendaftar BPJS Ketenagakerjaan untuk layanan BPU (Bukan Penerima Upah) via website, anda akan mendapatkan email berupa tagihan iuran.

Lalu anda hendak melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dan mengakses website atau apps BPJSTKU.

Mungkin Anda bertanya-tanya saat ingin registrasi di BPJSTKU mengingat anda diminta mengisi KPJ sedangkan anda baru mendaftar dan belum tau informasi tentang KPJ (Kartu Peserta Jamsostek).

Di email pun tidak tertera penjelasan, hanya berupa tagihan saja. Lalu bagaimana caranya agar bisa memperoleh KPJ dan registrasi di BPJSTKU untuk mendapatkan kemudahan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan nantinya?

Tim kupasbisnis.com mencoba menanyakan hal ini via twitter @BPJSTKinfo dan memperoleh penjelasan sebagai berikut.

bukan penerima upah bpu bpjs ketenagakerjaan

bpu bpjs ketenagakerjaan

Jadi Anda harus terlebih dahulu mendapatkan kartu peserta jamsostek tersebut yang di situ akan tertera KPJ yang dibutuhkan saat registrasi di BPJSTKU

 

Also rank for: bpjs online, jamsostek, cek saldo bpjs, cek saldo jamsostek, bpjs ketenagakerjaan online, cek saldo bpjs ketenagakerjaan, cek bpjs, bpjsketenagakerjaan, www.bpjsketenagakerjaan.go.id, bpjs tenaga kerja, bpjs ketenagakerjaan login, bpjstk, cek bpjs ketenagakerjaan, e klaim bpjs, jamsostek online, disini, cara cek saldo jamsostek, ketenagakerjaan, klaim bpjs, klaim bpjs ketenagakerjaan, sipp online bpjs ketenagakerjaan, tenaga kerja, bpjs tk, bpjs ketenaga kerjaan, cek saldo jht, e klaim, bpjs checking, cek bpjs online, jamsostek ketenagakerjaan, login bpjs ketenagakerjaan, cara cek saldo bpjs, cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan, karir bpjs, cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan, www.jamsostek.co.id, saldo, cek saldo bpjs kesehatan, jamsostek login, sipponline, contoh cek, login bpjs, daftar bpjs ketenagakerjaan, jht, www.bpjsketenagakerjaan.go.id cek saldo jht, bpjs ketenagakerjaan cek saldo, jamsostek cek saldo, saldo bpjs, pencairan bpjs ketenagakerjaan, kartu bpjs ketenagakerjaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *