Tutorial Cara Partisi Hardisk Windows 10 Yang Mudah dan Lengkap

By | March 31, 2018

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Tutorial Cara Partisis Hardisk Windows 10 Yang Mudah dan Lengkap

Bagi para pengguna komputer, istilah partisi hardisk pasti sudah tidak asing lagi bukan? Partisi hardisk merupakan sebuah langkah untuk membagi sebuah hardisk menjadi beberapa bagian atau sering disebut dengan partisi. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk mengatur penggunaan data agar lebih terstruktur dengan baik. Selain itu, cara ini pun bisa kamu lakukan untuk mengelompokkan data-data yang sesuai dengan tempatnya. Pada pembahasan kali ini, kami akan berbagi info cara partisi hardisk Windows 10 lengkap yang mudah dipraktikan.

Inilah Cara Partisi Hardisk Windows 10 Secara Urut

Langkah yang pertama, kamu harus membuka “Disk Management”. Caranya yaitu dengan klik kanan pada logo Windows yang terletak di bagian samping kiri bawah layar desktop.

Setelah itu, kamu akan melihat informasi mengenai beberapa partisi yang terletak pada Laptop atau HDD PC miliki kamu.

Langkah berikutnya, kami akan membantu kamu untuk mengecilkan ukuran partisi atau shrink volume. Caranya sebagai berikut:

  • Klik kanan pada partisi yang ingin kamu kecilkan ukurannya, lalu pilih pada “Shrink Volume”.
  • Lalu, masukkan besar kapasitas partisi yang kamu inginkan dalam satuan MB. Contohnya partisi A yang semula 40 GB menjadi kurang lebih 25 GB. Dan untuk partisi yang telah kamu Shrink akan menjadi “unallocated”.

Selanjutnya, kami akan mengarahkan kamu untuk membuat sebuah partisi baru. Untuk membuat partisi baru, maka kamu membutuhkan unallocated space atau ruang hardisk. Untuk cara partisi hardsik Windows 10 baru, caranya sebagai berikut:

  • Klik kanan pada “unallocated, lalu klik pada pilihan “new simple volume” dan klik “next”.
  • Lalu, tentukan ukuran partisi yang kamu inginkan. Jika sudah, maka tekan pada “next”.
  • Kemudian pilihlah “driver letter”. Driver letter merupakan suatu identitas dari sebuah partisi, contohnya A hingga Z. Jika sudah memilih “drive lette” baru, lalu klik pada “next”.
  • Setelah selesai, jangan lupa untuk memberi nama pada nama partisi kamu. Contohnya “Latihan Tugas”, dan pilih “next” untuk menyimpan.

Jadi itulah tutorial cara partisi Hardisk Windows 10 yang sangat mudah kamu lakukan di laptop atau PC kamu. Dengan membuat partisi baru, maka kamu tidak akan kebingungan lagi saat ingin mencari sebuah data penting di PC atau Laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *