Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

kupas bisnis 1

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Langkah-Langkah Cara Membuat TDP – Tanda Daftar Perusahaan

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan perusahaan sebagai salah satu bukti bahwa perusahaan telah melakukan kegiatan usaha. Setiap perusahaan memang harus mendaftarkan perusahaannya karena hal tersebut sudah diatur dalam UU Pasal 5 No. 22 tahun 1982 tentang wajib daftar perusahaan.

Setiap perusahaan diwajibkan untuk didaftarkan oleh pengurus atau pemilik perusahaan tersebut dan dapat diwakilkan orang lain dengan cara memberikan surat kuasa. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) ternyata juga memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari tanda daftar ini adalah sebagai sumber informasi resmi untuk pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan.

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) juga diperlukan oleh perusahaan sebagai salah satu bukti autentik untuk menjamin usaha yang dilakukan oleh perusahaan berjalan dengan baik dan lancar. Setiap pihak yang berkepentingan dengan perusahaan juga bisa mendapatkan salinan dari surat daftar perusahaan.

Untuk membuat tanda daftar ini, perlu dipersiapkan beberapa macam hal. Pendaftaran perusahaan perseorangan dengan perseroan terbatas juga memiliki syarat yang berbeda-beda. Itulah mengapa pemilik usaha harus paham betul tentang hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan bagaimana cara melakukan pendaftaran perusahaan.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Dalam Membuat Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) wajib dimiliki oleh berbagai jenis bidang usaha seperti PT, CV, Koperasi, perusahaan perseorangan, dan juga firma. Tanda daftar ini nantinya dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota atau kabupaten setempat.

Dalam membuat tanda daftar perusahaan ini, terdapat beberapa dokumen penting yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Setelah Anda mempersiapkan persyaratannya, nantinya Anda bisa melangkah dengan lebih mudah.

Dokumen yang perlu dipersiapkan dalam mendaftar Tanda Daftar Perusahaan (TDP) untuk Perseroan Terbatas, Persekutuan Komanditer, Firma dan Koperasi adalah :

  1. Fotocopi akta pendirian perusahaan
  2. Mengisi formulir isian yang disediakan dengan lengkap
  3. Fotocopi pengesahan akta dari pengadilan negeri setempat. Namun, untuk perusahaan jenis PT tidak perlu mencantumkan fotocopi ini.
  4. Fotocopi surat domisili perusahaan
  5. Fotocopy KTP penanggung jawab dan sekutu dari komanditer
  6. Asli dan fotocopy pengesahan akta pendirian atau perubahan yang bisa diminta dari Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia khusus untuk CV, Firma, dan koperasi
  7. Fotocopy KTP penanggung jawab koperasi
  8. Fotocopy Surat Izin Usaha Perdagangan/ SIUP
  9. Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak/ NPWP
  10. Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha/ SITU
  11. Fotocopy Akta pendirian perusahaan dari Kanwil khusus untuk koperasi
  12. Fotocopy paspor jika pemegang saham atau pengurus merupakan warga dari Negara asing
  13. Bukti setor untuk biaya administrasi

Syarat yang diperlukan dalam membuat Tanda Daftar Perusahaan (TDP) di atas cukup banyak bukan? Jadi, pastikan Anda telah mempersiapkan terlebih dahulu agar nantinya proses pendaftaran berjalan dengan lancar.

Berikutnya, inilah syarat yang harus dipersiapkan untuk membuat Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dari perusahaan perseorangan.

  1. Mengisi formulir isian yang telah disediakan dengan lengkap
  2. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk atau Paspor dari penanggung jawab
  3. Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak/ NPWP
  4. Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha/ SITU
  5. Fotocopy surat keterangan domisili perusahaan
  6. Fotocopy Surat Izin Usaha Perdagangan / SIUP

Setelah semua dokumen tersebut sudah dipersiapkan dengan lengkap, maka kini saatnya bagi Anda untuk melangkah dalam membuat Tanda Daftar Perusahaan. Bagaimana langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memperoleh TDP?

Prosedur Pembuatan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Untuk membuat Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Anda harus membawa persyaratan dengan lengkap ke Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat. Prosedur lengkapnya adalah sebagai berikut.

  1. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa permohonan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) untuk PT atau yayasan harus mendapatkan pengesahan atau persetujuan akta pendirian perusahaan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Jika perusahaan berbentuk CV, maka terlebih dahulu harus mendaftarkan ke pengadilan negeri setempat/ sesuai dengan alamat atau domisili perusahaan.
  2. Pemohon dari Tanda Daftar Perusahaan kemudian mengambil formulir pendaftaran yang telah disediakan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota setempat. Formulir tersebut harus diisi dengan lengkap dan disahkan. Kemudian, formulir dikembalikan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan sembari membayar biaya administrasi dalam jumlah yang sudah ditentukan.
  3. Formulir kemudian akan dikembalikan setelah diperiksa atau diteliti oleh petugas pendaftaran
  4. Setelah formulir disetujui dan persyaratan sudah lengkap, maka Tanda Daftar Perusahaan (TDP) pun akan segera diterbitkan

Jadi, untuk mendapatkan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) memang memiliki prosedur yang mudah asalkan semua syarat sudah terpenuhi dengan baik. Jadi, pastikan Anda telah memiliki dokumen yang lengkap agar Anda tidak perlu berlama-lama dalam melakukan pendaftaran perusahaan Anda.

Aturan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) juga memiliki aturan tertentu yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Berikut beberapa aturan yang perlu dipahami oleh Tanda Daftar Perusahaan.

  1. Jika TDP hilang, maka pemilik perusahaan berhak untuk mengajukan permohonan tertulis kepada kantor pendaftaran untuk memperoleh ganti dari TDP yang hilang, selambat-lambatnya dalam waktu 3 bulan sejak TDP tersebut dinyatakan benar-benar hilang.
  2. Jika terjadi pembubaran perusahaan atau pembubaran anak cabang perusahaan, maka pemilik ataupun pengurus perusahan harus melakukan likuidator untuk melaporkan hal tersebut.
  3. TDP perusahaan juga memiliki masa berlaku seperti jenis kartu-kartu lainn Kepada semua perusahaan yang telah mendapatkan TDP dan telah disahkan TDP nya, jangka waktu yang diberikan sudah tercantum sejak tanggal dikeluarkannya TDP tersebut. Pemilik perusahaan wajib untuk memperbaharui TDP sebelum berakhir masa berlakunya. Pembaharuan dilakukan selambat-lambatnya sebelum tanggal masa berlaku yang tercantum dalam TDP berakhir.
  4. Jika terjadi perubahan dari Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dari awal pembuatan TDP tersebut, maka perusahaan wajib melaporkan hal tersebut. Pelaporan juga disertai dengan alasan lengkap tentang mengapa terjadi perubahan. Selambat-lambatnya, perusahaan harus melaporkan perubahan setelah 3 bulan terjadinya perubahan tersebut.
  5. Jika dalam perusahaan tersebut terdapat pergantian kepemilikan atau kepengurusan, maka pemilik perusahaan juga berkewajiban untuk melaporkan hal tersebut.

Untuk melakukan ijin perubahan Tanda Daftar Perusahaan (TDP), prosedurnya pun sama saja dengan prosedur ketika melakukan pendaftaran perusahaan yang baru. Hal-hal yang diganti saat perubahan TDP antara lain adalah pengalihan kepemilikan, perubahan status perusahaan, masa berlaku TDP, perubahan kegiatan pokok, perubahan alamat perusahaan, perubahan anggaran dasar, perubahan nama perusahaan dan beberapa hal lainnya.

Informasi mengenai Tanda Daftar Perusahaan (TDP) diharapkan mampu membantu perusahaan untuk membuat TDP yang baru atau pun melakukan perubahan TDP. Setiap perusahaan wajib hukumnya memiliki TDP agar nantinya dapat menjalankan perusahaan dengan sebaik-baiknya.

Lebih dari itu, TDP juga merupakan salah satu bukti bahwa perusahaan sudah diakui untuk menjalankan bidang usahanya. Bagaimana perusahaan dapat berjalan jika TDP tidak dibuat. Sebagai perusahaan yang besar dan berkembang, maka sebaiknya TDP mendapatkan prioritas untuk dibuat dengan segera.

Jangan sampai pemilik perusahaan mengabaikan tentang Tanda Daftar Perusahaan (TDP) karena akibatnya pun bisa fatal untuk perusahaan tersebut. Apakah Anda sudah mengurus TDP milik Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *