Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Squishy Sendiri

kupas bisnis 0

2 Cara Membuat Squishy Sendiri yang Aman Untuk Mainan Anak

Squishy adalah sebuah benda berupa mainan yang biasanya diminati oleh anak-anak karena bentuknya yang lucu-lucu serta menggemaskan. Tapi ketika Anda membeli Squishy untuk anak di sebuah toko, Anda tidak tahu bahan apa saja yang digunakan. Bisa jadi bahan-bahan tersebut justru berbahaya bagi anak. Kalau begitu, tak ada salahnya untuk mencari tahu bagaimana cara membuat squishy dari bahan-bahan yang sudah terjamin aman dan mengajak anak membuatnya bersama-sama.

Ada berbagai bahan utama yang bisa Anda gunakan untuk membuat Squishy. Di antaranya adalah kertas, spons, lem dan slime. Dengan membuatnya sendiri seperti ini Anda akan merasa lebih tenang karena dapat memastikan bahan yang tidak membahayakan bagi anak.

Cara Membuat Squishy Menggunakan Kertas

Squishy biasanya memiliki tekstur yang chubby dan elastis, lalu bisakah dibuat dari kertas? Tentu saja bisa. Alat dan bahan yang Anda perlukan diantaranya adalah kertas hvs, isolasi bening, gunting, spidol dan dracon atau isi bantal.

Cara pembuatan :

  1. Pertama-tama, buatlah sebuah pola pada kertas hvs yang sudah disiapkan. Anda bisa membuat bentuk bulat seperti bola atau bentuk lain sesuai yang diinginkan anak.
  2. Kemudian lipatlah kertas berpola tersebut hingga mendapatkan dua buah pola. Lalu gunting sesuai garis polanya.
  3. Langkah selanjutnya adalah mewarnai kertas. Anda bisa melibatkan anak pada bagian ini. Mintalah dia untuk mewarnai kertas sesuai keinginan.
  4. Jika proses mewarnai sudah selesai, tempelkan kedua pola kertas tadi dengan isolasi bening dan sisakan lubang untuk memasukkan dracon.
  5. Masukkan dracon ke dalam pola kertas hingga penuh, lalu tutupi lagi dengan isolasi bening ke seluruh permukaannya. Squishy sederhana pun jadi dan siap untuk dimainkan.

Cara Membuat Squishy dari Spons

Cara yang kedua adalah membuat Squishy dengan mudah dan aman menggunakan Spons. Anda bisa membentuk Spons ini menjadi roti tawar. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah Spons persegi yang biasa digunakan untuk mencuci piring, lem akrilik maupun lem silikon, gunting, cat timbul untuk mewarnai dan kuas.

Tutorial pembuatan Squishy Spons sebagai berikut :

  1. Sebagai langkah awal, hal yang harus Anda lakukan adalah membentuk pola pada Spons. Jika ingin yang simple, bentuk saja Spons seperti roti tawar dengan sedikit lengkungan di salah satu sudutnya. Gambar pola menggunakan spidol.
  2. Selanjutnya tinggal gunting Spons sesuai dengan pola. Jika ingin menambah variasi bentuk Spons, gunakan lem untuk menggabungkannya dan tunggu sampai mengering.
  3. Mulai warnai Spons dengan cat yang sudah disiapkan. Buat Spons menjadi karakter lucu dengan menambahkan mata, hidung dan mulut, lalu tunggu cat mengering.
  4. Squishy Spons selesai dibuat. Anda bisa memberikannya pada anak sebagai mainan barunya.

Itulah 2 cara membuat Squishy sendiri yang terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk anak. Jadi, Anda tak perlu membelinya di luar jika khawatir dengan kandungannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *