Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Slime Sederhana Sekaligus Aman Dari Tepung

kupas bisnis 0

Kupas Bisnis – Artikel Tips Bisnis – Cara Membuat Slime Sederhana Sekaligus Aman Dari Tepung

Baru-baru ini slime begitu populer. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa ramai-ramai menggandrungi permainan satu ini.

Wajar saja jika permainan jenis ini sangat diminati, karena Anda bisa meremas, mengepal dan membentuk slime tersebut dalam bentuk yang Anda inginkan.

Bahkan untuk anak-anak, permainan ini bisa mengasah otak dan daya kreatifitas. Sayangnya kalau beli, slime kurang bagus karena kebanyakan terbuat dari lem dan borax.

Sebagai alternatif terbaik, Anda bisa membuat slime sendiri. Cara membuat slime sangat mudah. Biayanya pun murah. Anda dapat membuatnya dari bahan tepung yang aman.

Cara Membuat Slime Dari Tepung

Tepung ada beberapa macam dan untungnya semua tepung bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat slime.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat slime yang mudah dan sederhana menggunakan beberapa jenis tepung yang pastinya aman untuk buah hati Anda.

Cara membuat slime dari tepung kanji

Bahan yang dibutuhkan terdiri dari tepung kanji sebanyak 2 gelas, air bersih takaran 400 ml, pewarna makanan 2 sendok teh dan minyak goreng 150 gram. Anda dapat menyesuaikan warna yang sesuai dengan keinginan atau favorit.

Cara membuatnya yaitu;

  • Masukkan tepung kanji ke dalam baskom atau wadah lainnya yang bisa buat membuat adonan bahan slime.
  • Tambahkan air ke dalam baskom secara perlahan-lahan sambil diaduk, agar tidak menggumpal. Anda bisa mengaduknya menggunakan tangan ataupun alat seperti sendok.
  • Tambahkan minyak goreng hingga tingkat kekenyalannya dirasa sudah pas.
  • Tambahkan pewarna ke dalam adonan tersebut.
  • Slime dari bahan tepung kanji sudah siap untuk dimainkan.

Cara membuat slime dari tepung terigu

Tepung terigu merupakan bahan untuk membuat makanan sekaligus slime yang sangat mudah didapat. Harganya pun murah.

Namun selain tepung terigu, Anda membutuhkan bahan-bahan lainnya untuk membuat slime ini.

Contohnya seperti sabun pencuci piring cair (bisa sunlight, mama lemon dan lainnya), pewarna makanan, pengaduk dan wadah plastik.

Caranya pun mudah dan praktis, yaitu;

  • Masukkan 3 sendok sabun pencuci piring cair ke dalam wadah plastik.
  • Tuang beberapa tetes pewarna makanan (sesuai selera Anda) ke dalam wadah yang telah diisi dengan sabun pencuci piring.
  • Tuang sekitar 3 sendok makan tepung terigu secara sedikit demi sedikit ke dalam wadah sambil terus diaduk. Takaran tepung terigu dan sabun pencuci piring adalah 1:1.
  • Aduk adonan secara terus menerus hingga rata dan mulai menggumpal.
  • Slime dari tepung terigu siap dimainkan.

Cara Membuat Slime dari Tepung Tapioka

Tepung tapioca juga bisa digunakan sebagai bahan utama membuat slime. Namun cara membuat slime dari tepung tapioca lebih sulit dan cukup lama daripada kedua cara diatas.

Meskipun demikian, jika Anda mengikuti petunjuk langkah-langkah berikut ini, caranya menjadi lebih mudah dan hasilnya optimal, yaitu;

  • Rebus sebanyak 5 sendok tepung tapioca ke dalam air hingga menjadi wujud seperti lem.
  • Tambahkan pewarna makanan sesuai dengan selera ke dalam 3 sendok sabun pencuci piring agar menghasilkan warna yang menarik.
  • Campur lem dari tepung tapioca tersebut dengan 3 sendok sabun pencuci piring cair dan minyak goreng agar tidak lengket.
  • Jika dirasa masih lengket, tambahkan minyak goreng secara perlahan sedikit demi sedikit.

Ternyata mudah sekali cara membuat slime yang aman untuk anak-anak. Bahannya pun murah dan mudah didapat. Jadi tidak ada alasan lagi untuk membeli, karena membuatnya pun sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *