Cara membuat SKCK, Surat Keterangan Catatan Kepolisian

By | April 1, 2018

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Sudahkah Anda mengetahui apa saja syarat membuat SKCK? SKCK, Surat Keterangan Catatan Kepolisian merupakan sebuah dokumen resmi yang perlu dipersiapkan, terutama bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan.

SKCK berisi informasi bahwa yang bersangkutan memiliki kelakuan baik, patuh pada peraturan negara, dan tidak pernah terlibat dalam tindakan pelanggaran hukum.

Namun bagi pemula, yang belum pernah mengurus SKCK di kepolisian tentunya sangat memerlukan informasi tentang apa saja yang harus dipersiapkan saat akan mengurus SKCK di kepolisian.

Syarat Membuat SKCK

Berikut ini beberapa syarat membuat SKCK yang wajib Anda penuhi:

• Surat Pengantar dari Kelurahan / Desa

Anda memerlukan surat pengantar dari kelurahan sebelum membuat SKCK. Surat keterangan dari kelurahan ini berfungsi untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar warga desa/kelurahan tersebut dan selama bermasyarakat, Anda berkelakuan baik dan tidak pernah melanggar hukum.

• Fotokopi KTP atau SIM

Fotokopi KTP atau SIM diperlukan untuk menunjukkan identitas kependudukan Anda di catatan sipil.Selalu cek KTP atau SIM Anda agar jangan sampai kehabisan masa berlakunya.

• Fotokopi KK (Kartu Keluarga)

Fotokopi kartu keluarga berfungsi untuk menjelaskan rekam jejakmu dan keluarga.Berikan fotokopi Kartu Keluarga yang terbaru.Penambahan dan pengurangan anggota keluarga atau pun sudah pindah tempat tinggal, penting juga untuk diperhatikan agar selalu diperbaharui.

• Fotokopi Akta Kelahiran atau Surat Kelahiran

Nah, syarat lain yang harus Anda persiapkan saat akan mengurus SKCK adalah Akta Kelahiran. Ada baiknya membuat pengarsipan untuk setiap dokumen penting Anda sehingga dapat dengan mudah kita temukan pada saat dibutuhkan.

• Pas Foto Berwarna Ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar

Persiapkan juga Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar guna kepentingan pembuatan SKCK.Gunakan pakaian rapi dan resmi pada saat berfoto untuk pembuatan SKCK.Background yang digunakan untuk foto tersebut berwarna merah.

Cara membuat SKCK

Nah, setelah mengetahui dan mempersiapkan syarat mencari SKCK, Anda juga harus tahu bahwa pembuatan SKCK dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu online dan offline.

Apabila memilih cara online, pertama Anda harus mengakses website sesuai provinsi tempat tinggal Anda.

Selanjutnya, Anda mengisi formulir secara online lalu mengunggah file scan dari dokumen – dokumen yang diperlukan.

Setelah proses pendaftaran selesai, Anda akan diberi nomor Registrasi untuk mengambil SKCK di kantor polisi terdekat.

Namun, batas pengambilan tersebut hanya 3 hari atau kalau lebih, maka Anda harus mengulangi lagi mendaftar dari awal.

Apabila memilih cara offline, maka setelah mempersiapkan dokumen yang diperlukan, Anda harus mendatangi loket pembuatan SKCK untuk mengumpulkan dokumen-dokumen tersebut.

Sembari menunggu proses pemeriksaan dokumen, Anda diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dan menjawab pertanyaan mengenai tujuan pembuatan SKCK.

Beberapa lama kemudian, Anda akan dipanggil untuk pembayaran biaya penerbitan SKCK. Nah, setelah membayar, SKCK bisa langsung dapat diambil.

Semoga artikel tentang cara dan syarat membuat SKCK ini bermanfaat untuk Anda yang sedang ingin mengurus SKCK. Sebenarnya syarat dan caranya cukup mudah apabila Anda mengikuti setiap prosedur dengan benar.

Baca juga tentang Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *