Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Proposal yang Baik dan Benar

kupas bisnis 3

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Coba Amati Cara Membuat Proposal Ini Supaya Mudah Dikabulkan

Proposal adalah sebuah dokumen yang diberikan oleh seseorang, biasanya ditujukan kepada orang yang kedudukannya lebih tinggi atau antar instansi untuk tujuan tertentu. Anda pun pasti sudah mengenal proposal sejak di bangku sekolah. Karena organisasi sering membuatnya untuk mengadakan kegiatan di sekolah. Cara membuat proposal sebenarnya tidak kompleks, tergantung konteks dan acaranya.

Mungkin di jaman sekolah dulu pembuatan proposal masih sederhana, karena tujuannya memang untuk sekolah itu sendiri. Tapi akan lebih kompleks lagi ketika proposal dibuat untuk acara tertentu oleh sebuah perusahaan atau instansi.

Begini Cara Membuat Proposal yang Baik dan Benar

Membuat proposal itu tidak boleh ditulis dengan sembarangan. Apalagi jika untuk mengadakan sebuah acara khusus dengan skala besar. Jika Anda hanya membuatnya dengan asal tanpa dasar-dasar tertentu, maka jangan harap proposal itu akan segera dikabulkan.

Jenis proposal sendiri cukup banyak. Ada proposal usaha, kegiatan, pengajuan dana, dan sebagainya. Kembali lagi, proposal dibuat untuk memenuhi sebuah tujuan tertentu. Di samping banyaknya jenis proposal, berikut ini akan disampaikan cara-cara yang benar dalam membuatnya :

  1. Langkah pertama adalah Anda harus tahu jenis proposal apa yang akan dibuat. Tentukan temanya. Apakah proposal tersebut dibuat dalam rangka kegiatan tertentu atau sebuah proyek khusus. Hal ini sangat penting agar Anda tidak salah langkah dalam membuat proposal.
  2. Kemudian tentukan pula tempat dan waktu penyelenggaraan kegiatan atau proyek tersebut. Anda harus tahu pasti dan memiliki gambaran atas acara yang direncanakan.
  3. Membuat rancangan atau susunan acara yang akan diadakan.
  4. Cari tahu pula berapa banyak dana yang harus dikeluarkan. Anda akan memerlukan rincian dananya. Jadi catat terlebih dahulu berapa modal yang dibutuhkan dan biaya apa saja yang diperlukan.
  5. Tuliskan masalah-masalah yang mungkin terjadi beserta solusi dan cara mengatasinya. Hal ini dibutuhkan agar Anda bisa mengantisipasi problema yang mungkin terjadi saat acara atau proyek tersebut berlangsung.
  6. Jika sudah siap semuanya, mulailah buat kerangka proposalnya. Tuliskan semua dari langkah pertama hingga kelima. Buat menjadi sebuah rancangan proposal yang sudah matang, sebelum diserahkan kepada pihak yang dituju.
  7. Bila Anda rasa semua kerangka proposal sudah siap, mulailah buat proposal sungguhan. Anda bisa memulainya dengan kata pengantar atau pembuka. Jangan lupa gunakan bahasa yang mudah dipahami.
  8. Selanjutnya tinggal susun saja sesuai dengan kerangka yang sudah Anda buat sebelumnya. Sampaikan semuanya secara terperinci termasuk kemungkinan masalah beserta cara untuk mengatasinya.
  9. Jika sudah semuanya, maka akhirilah proposal dengan kesimpulan dan penutupan yang jelas serta singkat. Ungkapkan juga bahwa kegiatan atau proyek yang Anda rencanakan tersebut dapat membawa dampak bagus dan memberikan keuntungan.
  10. Terakhir, edit layout maupun pemilihan katanya agar tampak lebih rapi.

Seperti itulah kira-kira cara membuat proposal yang baik dan benar, supaya mudah dikabulkan. Pastikan bahwa acara atau proyek yang Anda rencanakan tersebut memang memberikan efek yang positif dan tidak merugikan pihak manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *