Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Kop Surat

kupas bisnis 0

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Mudah Kok, Begini Cara Membuat Kop Surat Lewat Microsoft Word

Cara membuat kop surat sebenarnya mudah. Hal ini berhubungan dengan kegiatan surat-menyurat yang masih menjadi sarana komunikasi bagi sebuah perusahaan maupun instansi. Biasanya surat yang dikirimkan oleh sebuah perusahaan maupun instansi tersebut bentuknya resmi. Jadi, di dalamnya terdapat kop surat, tempat dan tanggal, kepada siapa surat ditujukan (menggunakan frase Kepada Yth.), mengucapkan salam hormat (Dengan hormat), paragraf pembukaan, isi, penutup, lalu terakhir adalah tanda tangan.

Ikuti 10 Langkah Cara Membuat Kop Surat

Kop surat juga disebut sebagai kepala surat, merupakan salah satu syarat wajib dalam pembuatan surat resmi. Umumnya kop surat ini dibuat oleh suatu perusahaan atau instansi bersangkutan, yang isinya berupa logo, nama perusahaan atau instansi, nomor telepon, alamat, dan website atau email.

Lalu bagaimana cara membuatnya jika menggunakan aplikasi Microsoft Word? Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi Microsoft Word yang ada di PC maupun laptop Anda. Pastikan bahwa mode lembar kerja adalah print layout.
  2. Aturlah margin lembar kerja dan jenis kertas yang akan dipakai. Biasanya jenis kertas yang sering dipakai adalah A4. Anda bisa mengeceknya dengan klik menu Page Layout, pilih Size. Untuk margin juga bisa diatur dari Page Layout, pilih Margins.
  3. Kemudian klik dua kali pada area Header yang ada di bagian atas lembar kerja. Tapi, jika belum ada, bukalah menu Design, lalu beri centang pada Different First Page. Ini artinya kop surat hanya akan dibuat untuk halaman pertama saja, halaman selanjutnya tidak.
  4. Anda bisa menggeser garis margin atau ruler pada lembar kerja dari kiri ke kanan beberapa senti saja. Fungsinya untuk menyisakan ruang peletakan logo perusahaan atau instansi.
  5. Di sini Anda tinggal mengisikan nama perusahaan atau instansi, alamat, nomor telepon dan lain-lain pada Header yang sudah terbentuk.
  6. Masukkan logo perusahaan atau instansi pada tempat yang sudah disediakan. Buatlah format layout gambar logo menjadi In Front of Text agar logonya berada di depan sendiri.
  7. Jika sudah menuliskan nama, alamat, nomor telepon, dan logo perusahaan, Anda tinggal mengeditnya agar letaknya lebih rapi.
  8. Selanjutnya adalah membuat garis pembatas kop surat yang letaknya ada di bawah kop surat. Klik menu Home, pilih border. Lalu pilihlah item Border and Shading.
  9. Akan muncul dialog Setting, lalu pilihlah Custom. Anda bisa memilih bentuk garis, ketebalannya atau warnanya. Jika sudah selesai, klik OK.
  10. Kop surat sudah jadi. Klik ganda pada lembar kerja di bawah Header untuk menutup Header View.

Demikian 10 langkah cara membuat kop surat yang mudah dengan Microsoft Word. Anda bisa menggunakan settingan Microsoft Word 2007 maupun 2010 berdasarkan uraian di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *