Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Grafik di Excel

kupas bisnis 0

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Panduan Cepat dan Mudah Cara Membuat Grafik di Excel

Cara membuat grafik di Excel cukup mudah. Namun sebelum Anda mengikuti langkah-langkah pembuatan grafik berikut ini, Anda perlu memiliki data terlebih dahulu. Hal ini tidak wajib, namun untuk memudahkan Anda dalam mempraktekkan ilmu apa yang akan Anda serap. Anda bisa menyiapkan data apa saja, seperti data pembelian ataupun data penjualan.

Cara Membuat Grafik di Excel

Berikut ini langkah-langkah cara membuat grafik di excel dengan cepat dan mudah dilakukan;

  1. Buka Microsoft Excel. Icon Ms. Excel sangat mudah dikenali, yaitu berupa kotak hijau dengan huruf “X” berwarna putih.
  2. Untuk memulai membuat grafik, klik Blank workbook yang berada di pojok kiri atas jendela program. Warnanya putih, sehingga cukup mudah dikenali.
  3. Persiapkan data yang akan dimasukkan ke dalam grafik. Setelah itu blok data tersebut, misal dari A3 hingga D5.
  4. Anda perlu memilih jenis grafik atau bagan yang ingin Anda buat, yaitu;
  • Line atau grafik garis
  • Bar atau grafik batang
  • Pie atau grafik berupa lingkaran
  • Column atau grafik dalam bentuk kolom
  • Area atau grafik dalam bentuk area
  1. Blok datanya, kemudian klik insert dan column, lalu pilih 3-D Column (apabila pilihan Anda adalah grafik dalam bentuk kolom)
  2. Tambahkan header atau kepala grafik. Fungsi dari header ini adalah untuk menentukan label setiap segmen data. Penempatannya pun harus terletak pada baris teratas lembar lajur atau disebut dengan spreadsheet.
  3. Tambahkan label grafik. Label ini memisahkan baris-baris data yang perlu ditambahkan pada kolom “A” yaitu yang dimulai dari kotak “A2”.
  4. Masukkan data grafik yang dimulai dari kotak yang berada tepat di bawah kepala pertama dan di samping kanan label pertama yang biasanya berada pada kotak “B2”.
  5. Pilihlah data untuk grafik yang akan Anda buat dengan cara klik dan seret kursor dari pojok kiri atas kelompok data ke arah pojok kanan bawah.
  6. Langkah selanjutnya cara membuat grafik di excel adalah klik tab Insert yang berada di bagian atas jendela Excel.
  7. Pilihlah format grafis yang terletak pada menu drop-down.
  8. Berilah judul pada grafik. Caranya adalah dengan mengklik kolom “Chart Title” yang letaknya berada pada bagian atas grafik sebanyak dua kali. Lalu hapus teks “Chart Tittle” untuk mengganti judul yang Anda telah persiapkan.
  9. Jangan lupa simpan dokumen grafik yang baru saja Anda buat.

Asalkan Anda tahu langkah-langkah dan ilmunya, cara membuat grafik di excel tergolong mudah. Meskipun ada tab “Design” dan pilihan lain untuk membuat grafik, namun disarankan untuk memilih format grafik yang seusai dengan data yang ada saja. Hal ini menjadi pertimbangan yang penting, karena faktanya beberapa format grafik memang tidak bisa memuat semua data. Kalaupun bisa, namun hasil yang ditampilkan bisa dalam format yang kacau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *