Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Google Form Kuesioner

kupas bisnis 0

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Cara Membuat Google Form Kuesioner yang Menarik

Aplikasi seperti Google Form sangat membantu manusia dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Terutama tugas yang berhubungan dengan tugas kantor seperti membuat kuesioner. Untuk membuat kuesioner haruslah menarik agar orang akan lebih tertarik untuk mengisi form kuesioner tersebut. Berikut ini cara membuat google form kuisioner yang menarik dan mudah dilakukan.

Cara Membuat Google Form kuisioner

Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat Google Form kuesioner berikut ini baik melalui laptop, komputer ataupun HP Android;

  1. Kunjungi Google Forms melalui browser Anda. Untuk bisa mengaksesnya, Anda membutuhkan akun gmail.
  2. Klik “Buka Google Formulir”
  3. Klik “Get Started”
  4. Pilih template
  5. Pilih tambah plus (+)
  6. Pilih blank template
  7. Isi form description dan tittle.
  8. Masukkan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan pada form kuesioner.
  9. Tentukan jenis jawaban yang diinginkan dari responden
  10. Selesai dan kirim

Dalam membuat pertanyaan dan Anda ingin menambahkan pertanyaan lagi, maka klik icon “+”. Atau Anda juga bisa menggunakan Required Question, agar responden harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan. Setelah itu, klik Add Item, kemudian pilih salah satu dari beberapa pilihan yang diberikan. Namun jika pertanyaan Anda dalam bentuk teks, maka pilih Text.

Agar forms kuesioner Anda lebih menarik, sebelum selesai dan dikirim, Anda perlu klik Change Theme untuk mengubah tema agar tampilan kuesioner menjadi lebih menarik. Di sebelah kanan nanti terdapat beberapa pilihan jenis tema yang bisa Anda pilih. Pilih salah satu, kemudian lihat hasilnya. Apabila Anda tidak suka, tinggal scroll mouse dan cari pilihan lain yang Anda sukai. Bila ingin melakukan perubahan pada gambar atau jenis huruf, klik Customize. Tombol ini berfungsi untuk merubah pengaturan bawaan tema, seperti header, jenis dan ukuran huruf.

Cara membuat google form kuesioner cukup mudah. Namun syaratnya Anda harus memiliki Google Account. Persyaratan yang simple dan gampang. Jadi setelah Anda memiliki Google Account tersebut, Anda sudah bisa siap untuk membuat forms, baik untuk survey atau segala jenis formulir lainnya. Selain itu, penting sekali bagi Anda untuk memiliki rangka kerja dari mulai judul, deskripsi dan daftar pertanyaan terlebih dahulu sebelum membuat formulir kuesioner menggunakan Google Forms. Setelah kuesioner selesai dibuat, Anda tinggal mengirim pada URL responden dan menunggu responnya. Data akan tersimpan pada database google secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *