Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Footnote

kupas bisnis 0

Belajar Cara Membuat Footnote Untuk Tulisan Atau Karya Ilmiah

Saat membaca sebuah buku baik itu fiksi maupun non fiksi, tak jarang Anda akan menemukan catatan kecil paling bawah pada sebuah halaman. Catatan tersebut berisi penjelasan atau keterangan lebih lanjut dari istilah asing yang digunakan. Catatan ini sering disebut catatan kaki atau footnote. Bagi Anda yang sedang mengerjakan sebuah tulisan ataupun karya ilmiah, nantinya akan membutuhkan footnote untuk penjelasan atau bukti. Cara membuat footnote pada aplikasi seperti Microsoft Word pun sangat mudah untuk dipraktekkan.

Cara Membuat Footnote di Microsoft Word

Salah satu aplikasi kerja yang umum digunakan oleh orang dalam mengerjakan suatu tulisan adalah Microsoft Word. Anda akan memerlukannya saat menyusun makalah, membuat surat, skripsi, karya ilmiah, karangan, dan sebagainya. Ketika Anda mengerjakan tulisan tersebut, kadang muncul suatu istilah asing yang harus disertakan penjelasan maupun keterangannya.

Penjelasan atau keterangan tersebut tak bisa secara tiba-tiba Anda sisipkan di samping istilah atau kata-kata asing tadi. Solusinya adalah dengan memberi footnote. Caranya yaitu dengan memberikan nomor urut kecil di samping istilah-istilah asing tersebut, lalu tuliskan penjelasan atau keterangannya di halaman paling bawah. Inilah yang dinamakan footnote.

Lalu bagaimana caranya jika ingin membuat footnote pada lembar kerja Microsoft Word? Ini dia langkah-langkahnya :

  1. Langkah awal, pada lembar kerja Microsoft Word, klik pada menu bar References yang ada di atas jendela. Menu ini berisi beberapa tools yang berfungsi untuk memberikan referensi pada tulisan Anda, termasuk footnote.
  2. Selanjutnya arahkan kursor pada lembar kerja ke tempat yang diinginkan untuk memunculkan footnote. Biasanya penomoran footnote ini secara otomatis sudah tersetting dengan angka yang lebih kecil yang letaknya ada di atas kata.
  3. Masih di menu References tadi, klik pada tool Insert Footnote. Kemudian lembar kerja secara otomatis akan mengarah ke halaman yang paling bawah.
  4. Silangkan tuliskan langsung keterangan atau penjelasan dari istilah asing yang ada pada tulisan Anda.
  5. Jika Anda tidak ingin penomoran secara default, maka Anda bisa mengubahnya agar nomornya mulai dari awal lagi. Caranya masih ada di menu References. Dalam kolom tool untuk footnote, Anda akan menemukan tanda kecil di bagian kanan bawah. Klik tanda tersebut, maka akan menampilkan menu format. Lalu bukalah Numbering supaya Anda bisa memilih penomoran footnote akan dilakukan secara kontinyu, diulang setiap seksi atau diulang setiap halamannya.
  6. Anda juga bisa mengubah penomoran menjadi simbol tertentu, jika lebih menginginkan bentuk selain angka. Langkahnya sama dengan nomor 5, lalu cari dan klik Symbols. Anda dapat memilih simbol-simbol sesuai keinginan.

Begitulah cara membuat footnote untuk tulisan atau karya ilmiah yang sedang dikerjakan. Tidak sulit bukan untuk mengikuti langkah-langkahnya? Semoga ulasan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *