Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Donat Kentang

kupas bisnis 0

Cara Membuat Donat Kentang Homemade yang Lezat untuk Si Kecil

Donat adalah salah satu camilan berjenis kue dengan ciri khas bentuknya yang bundar dan berlubang di tengahnya. Tidak seperti kue kebanyakan yang harus dipanggang atau dikukus, donat ini dibuat dengan digoreng dalam minyak. Biasanya adonan dalam donat menggunakan tepung terigu dan beberapa bahan lainnya. Namun pernahkah Anda mencoba donat kentang? Cara membuat donat kentang sama saja kok dengan donat lainnya. Hanya saja bahan bakunya dicampur dengan kentang.

Donat kentang ini juga sudah banyak diminati oleh masyarakat karena teksturnya yang lebih lembut dan empuk. Jika Anda sudah memiliki anak, maka tidak ada salahnya untuk membuat menu ini sebagai kudapannya.

Resep Cara Membuat Donat Kentang

Donat kentang adalah salah satu inovasi baru yang bisa Anda tiru untuk menyajikan kudapan lezat bagi si kecil maupun anggota keluarga lainnya. Bagi Anda yang masih pemula, jangan khawatir untuk membuat donat kentang ini. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya dengan saksama agar bisa menghasilkan donat dengan tekstur yang lembut dan mengembang.

Untuk membuat donat kentang, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung terigu yang berprotein tinggi sebanyak 500 gram, kentang 250 gram, telur sebanyak 4 butir yang nanti diambil bagian kuningnya saja, 100 gram mentega dan gula pasir, 100 ml air dingin, susu bubuk full cream sebanyak 50 gram, 1 liter minyak untuk menggoreng, 11 gram ragi instan dan ½ sdt garam.

Sedangkan untuk topping, Anda bisa menggunakan bahan utama mentega untuk olesannya. Lalu siapkan topping sesuai selera Anda, misalnya saja meses cokelat atau warna-warni, gula halus, lelehan cokelat, maupun parutan keju. Berikut langkah-langkah pembuatannya :

  1. Sebagai langkah awal, cucilah kentang sampai bersih. Lalu rebus sampai melunak dan kupas kulitnya. Tumbuk semua kentang sampai halus.
  2. Siapkan wadah yang berukuran sedang, masukkan tepung terigu yang sudah disiapkan. Tambahkan susu bubuk, gula pasir, dan ragi instan lalu aduk hingga rata. Masukkan kentang yang sudah dihaluskan, lalu aduk lagi adonannya.
  3. Pecahkan telur dan pisahkan bagian kuningnya. Masukkan ke dalam adonan lalu tambahkan juga air dingin. Aduk adonan sampai rata, tambahkan mentega dan garam. Aduk lagi hingga adonan menjadi kalis.
  4. Kemudian tutup adonan yang ada di wadah dengan plastik wrap atau lap basah. Diamkan 30 menit sampai adonannya mengembang.
  5. Setelah mengembang, kempiskan dulu adonannya lalu Anda bisa mulai membentuknya. Untuk variasi, bentuklah donat menjadi bulat dan bentuk lainnya dengan cetakan. Jangan lupa buat lubang di tengahnya.
  6. Diamkan lagi donat yang sudah dicetak. Sambil menunggu, panaskan wajan yang telah dimasukkan minyak goreng. Setelah itu goreng donat. Bolak-balik donat agar tidak gosong. Angkat jika warnanya sudah berubah kecokelatan kemudian tiriskan.
  7. Ambil donat yang sudah matang, lalu oleskan dengan mentega di atasnya. Tambahkan topping sesuai selera. Donat kentang siap disajikan.

Cara membuat donat kentang ini tentu tidak begitu sulit untuk dipraktekkan sendiri. Jika percobaan pertama belum berhasil, teruslah berusaha melakukan percobaan selanjutnya sampai berhasil. Anda juga bisa membuat donat kentang ini sebagai bekal anak ke sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *