Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Daftar Isi

kupas bisnis 0

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di Word 2010 yang Simple, Cepat dan Hasil Akurat

Pengetahuan tentang cara membuat daftar isi haruslah dikuasai oleh seseorang yang bergelut di bidang pendidikan ataupun perkantoran. Pengetahuan semacam ini sangat penting untuk membuat sebuah laporan, karya ilmiah dan skripsi menjadi rapi dan lebih mudah dibaca. Format membuat daftar isi cukup unik, sehingga Anda patut untuk mempelajari pengetahuan semacam ini, agar terhindar dari kesalahan.

Langkah-Langkah Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2010

Ada dua pilihan ketika membuat daftar isi, pertama secara manual dan kedua adalah secara otomatis di Ms. Word. Opsi kedua dinilai lebih efektif, karena hasilnya lebih cepat. Berikut ini langkah-langkah cara membuat daftar isi secara otomatis di Ms. Word 2010;

  1. Siapkan berkas yang akan Anda beri daftar isi, bisa berupa skripsi, laporan, karya ilmiah atau yang lainnya
  2. Tandai seluruh Bab, dari mulai Bab I hingga daftar pustaka. Menandainya hanya pada Babnya saja
  3. Klik menu Home, kemudian Style
  4. Blok judul Bab, kemudian pilih Ribbon Home-Group Tab Styles
  5. Klik tanda jarum, kemudian klik Save Selection as a New Quick Style
  6. Beri nama Style sesuai dengan keinginan,  misal style judul bab1, kemudian klik OK/Save
  7. Masih dalam posisi heading tertandai atau terblok, kemudian klik menu Ribbon References- Group Tab Table of Contents, lalu pilih Add Text dan beri tanda pada opsi Level 1.
  8. Tandai semua sub heading di berkas milik Anda, kemudian pada menu Home-Styles klik pilihan Heading 2. Apabila pada tahap ini format tulisannya berubah, Anda boleh memperbaikinya secara manual.
  9. Masih dalam posisi sub heading yang tertandai, kemudian klik menu Reference dan Add Text, lalu posisikan ke pilihan level 2.
  10. Buatlah halaman baru pada bagian paling atas dengan heading Daftar isi, kemudian klik menu Ribbon Referenes, pilih Table of Contents dan klik Insert Table of Contents.
  11. Setelah muncul jendela baru, biarkan pengaturannya dalam bentuk default, kemudian klik OK.

Setelah Anda mengklik tanda OK, maka daftar isi telah selesai dibuat. Ternyata mudah bukan bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di Ms. Word 2010? Tidak perlu menunggu lama dan hasil yang akan didapat otomatis rapi dan jadi. Selamat mencoba dan sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *