Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Cireng Sendiri di Rumah

kupas bisnis 5

Kupas Bisnis Kuliner – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Intip Yuk Cara Membuat Cireng, Kudapan Enak yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah!

Jajanan khas Bandung memang sudah terkenal luas hingga beberapa wilayah di Indonesia. Mulai dari batagor, bakso aci, cilok, cimol, dan masih banyak lagi. Semua jajanan tersebut memang sangat menggiurkan. Anda pun sebenarnya bisa membuat sendiri di rumah. Salah satu yang cocok sebagai kudapan adalah cireng. Cara membuat cireng ini relatif gampang. Bahkan Anda bisa menciptakan berbagai variasi. Simak juga tentang brownies amanda.

Cireng yang dibuat sendiri di rumah tentunya lebih dipercaya karena menggunakan bahan-bahan yang aman. Jadi, Anda bisa menikmatinya sebagai kudapan sehat di sore hari bersama keluarga.

Cara Membuat Cireng Bumbu Rujak yang Banyak Digemari

Variasi populer dalam olahan cireng adalah rujak cireng. Bukan berarti cireng ini dibuat untuk rujak, tapi saus untuk cocolannya terbuat dari bumbu rujak. Kenyal dan crispynya cireng dipadu dengan manis dan gurih bumbu rujak semakin menambah kenikmatannya. Cireng ini termasuk jenis kudapan yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cirengnya adalah tepung kanji, tepung terigu, bawang putih, daun bawang, daun seledri, penyedap rasa dan garam. Sedangkan untuk bumbu rujaknya adalah asam jawa, cabe rawit, gula jawa atau gula aren, terasi, garam dan air. Daripada semakin penasaran, begini cara membuatnya :

  1. Untuk membuat cireng, pertama-tama masukkan tepung kanji sebanyak 250 gram dan 100 gram tepung terigu ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Tambahkan pula bawang putih yang sudah dihaluskan, penyedap rasa, garam dan air. Aduklah semua adonan hingga merata.
  2. Masukkan daun bawang dan daun seledri yang telah diiris, lalu aduk kembali hingga rata.
  3. Tambahkan air jika adonannya masih kurang kalis. Setelah kalis, Anda bisa mulai membentuk adonan cireng. Biasanya rujak cireng ini dibuat dengan bentuk yang bulat dan pipih. Jika Anda menginginkan variasi lain untuk isinya, bisa campurkan dengan abon, keju, dan sebagainya. Masukkan isian tersebut ke dalam adonan cireng yang telah dibentuk.
  4. Jika semua adonannya sudah selesai, siapkan penggorengan dan panaskan minyak.
  5. Goreng sebagian atau semua adonan cireng hingga warnanya keemasan. Itu tandanya cireng sudah matang. Namun jika Anda tidak ingin langsung menggorengnya, bisa siapkan plastik kemudian simpan sisa adonan cireng di lemari es supaya tetap awet.
  6. Sekarang giliran membuat saus rujak cirengnya. Caranya adalah dengan menghaluskan semua bumbunya dengan cara diulek.
  7. Setelah semua bumbunya halus, siapkan air matang lalu campurkan bumbu rujak ke dalam air matang tersebut. Akan lebih baik jika air yang Anda pakai adalah air yang hangat.
  8. Bumbu rujak pun telah siap. Sajikan sebagai pendamping cireng selagi masih hangat.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat cireng? Kudapan ini sangat nikmat dan cocok dijadikan sebagai camilan. Selain untuk keluarga, Anda pun juga bisa menyajikannya untuk para tamu yang datang.

Daftar Resep Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *