Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Abstrak yang Benar Untuk Makalah

kupas bisnis 1

Bagaimana Cara Membuat Abstrak yang Benar Untuk Makalah, Karya Tulis Atau Paper? Simak Langkah-Langkahnya!

Sebagai seorang manusia yang pernah mengenyam pendidikan, tentunya Anda sudah tak asing dengan makalah, karya tulis, paper, skripsi, dan segala bentuk laporan penulisan lainnya. Semua tulisan tersebut biasanya diawali dengan abstrak. Cara membuat abstrak sendiri cukup mudah dan berisi tentang intisari dari laporan yang Anda buat.

Abstrak biasanya ditulis dengan dua versi bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa resmi sang pembuat tulisan. Tujuan penggunaan dua bahasa ini adalah supaya orang lain dari luar negeri dan dalam negeri mampu dengan mudah memahami isi laporan penelitian Anda.

Baca juga cara membuat infografis.

 Panduan Cara Membuat Abstrak Dengan Benar

Abstrak merupakan salah satu bagian wajib dalam sebuah penulisan laporan. Isinya berupa rangkuman dan gambaran umum dari penelitian berupa latar belakang masalah, masalah yang dihadapi beserta metode pendekatannya, uraian singkat hasil penelitian dan juga kesimpulan. Meskipun terdengar sangat kompleks, tapi sebetulnya abstrak ini bisa dibuat dengan sederhana namun berbobot.

Supaya Anda tidak kebingungan, berikut ini adalah cara membuat abstrak yang baik dan benar :

  1. Pertama, untuk bisa menulis abstrak, Anda harus menyelesaikan tulisan makalah, karya tulis, paper dan sebagainya terlebih dahulu. Mengapa? Karena sejatinya abstrak berisi ringkasan atau rangkuman dari seluruh isi laporan, jadi Anda perlu menyelesaikan tulisan terlebih dahulu.
  2. Setelah tulisan selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka abstraknya. Mulai identifikasi unsur apa saja yang harus Anda tuliskan pada bagian abstrak. Ingat, abstrak hanya tulisan singkat, jadi Anda tidak boleh menulis panjang-panjang hingga berlembar-lembar. Oleh karena itulah pentingnya membuat kerangka terlebih dahulu dengan meninjau hal-hal penting yang ada dalam laporan.
  3. Jangan lupa untuk mempertimbangkan para pembaca. Abstrak yang Anda buat bukan untuk konsumsi sendiri, tapi untuk dibaca oleh orang lain. Jadi, buatlah abstrak dengan bahasa yang baku namun mudah dipahami.
  4. Selanjutnya adalah menentukan jenis abstrak yang akan ditulis. Jenis abstrak yang dimaksud adalah penyampaian berupa deskristif atau informatif. Tentu ini tergantung pula dengan jenis tulisan Anda. Jika tulisan Anda berupa makalah biasa, maka gunakanlah abstrak deskriptif. Namun jika tulisan Anda berupa penelitian jangka panjang, maka bisa menggunakan abstrak informatif.
  5. Jika langkah nomor 1 – 4 sudah selesai, Anda bisa mulai membuat abstrak. Mulailah dengan tujuan penelitian. Pastikan bahwa tujuan penulisan tersebut berkesinambungan dengan bahan penelitian.
  6. Lalu paparkan masalah-masalah yang terjadi dalam penelitian Anda.
  7. Kemudian lanjutkan dengan penjelasan singkat tentang metode pendekatan masalah dan bagaimana penyelesaiannya.
  8. Terakhir adalah memberikan kesimpulan dan penutupan atas penelitian yang dilakukan.

Demikian ulasan ini membahas tentang cara membuat abstrak yang baik dan benar untuk makalah, karya tulis maupun paper Anda. Semoga bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *