Cara Budidaya Ikan Cupang

By | April 20, 2018

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Bisnis Ikan Cupang , Langkah Budidaya Ikan Cupang Dengan Mudah

Membudidayakan ikan cupang bisa menjadi salah satu pilihan bisnis sampingan yang cukup simple untuk dilakukan. Prospeknya juga cukup bagus mengingat jenis ikan hias ini tetap digemari dari masa ke masa dan tidak hanya menjadi trend semata. Modal yang kamu butuhkan juga tidak banyak ditambah lagi tempat yang dibutuhkan juga tidak harus besar. Langkah-langkah yang harus dilalui tidak terlalu rumit dan kamu bisa segera mencobanya.

Cara Budidaya Ikan Cupang

Untuk kamu yang tertarik dengan bisnis ternak ikan cupang ini, kamu bisa ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Memilih Indukan Cupang

Untuk memilih indukan terbaik, pilihlah yang sehat, tidak cacat, besarnya hampir sama dan memang sudah siap untuk kawin. Salah satu cara mengenalinya dengan munculnya gelembung udara di permukaan air yang semakin banyak.

Tips untuk memilih betinanya, pilih yang perutnya menggelembung  besar karena bisa dipastikan peluangnya lebih baik karena bisa menampung banyak telur. Untuk yang jantan, pilihlah yang usianya lebih dari 5 bulan.Tetapi jangan memilih yang usianya lebih dari 8 bulan karena kualitas spermanya mulai menurun.

  1. Menyiapkan wadah pemijahan

Untuk tempat pemijahan, kamu hanya membutuhkan tempat kecil seperti botol ataupun gelas transparan agar dapat terlihat oleh ikan cupang jantan.Wadah kecil ini juga dimaksudkan untuk memancing cupang jantan membuat gelembung udara. Pisahkan cupang jantan dalam wadah yang  berbeda karena mereka tidak bisa langsung dicampur.

  1. Menyiapkan media pejah

Fungsi dari media pejah ini adalah untuk tempat meletakkan telur/ busa dari ikan cupang jantan. Beberapa media yang bisa dipilih antara lain potongan styrofoam, daun ketepang kering ataupun tanaman air.

  1. Menyiapkan air untuk pemijahan

Ukuran ideal kedalaman air adalah 10-15 cm agar pemijahan sukses. Suhu air juga berpengaruh dengan kesuksesan pemijahan jadi air di bagian dalam tidak boleh terlalu dingin yaitu sekitar 25 derajat celsius

  1. Pemijahan

Bila persiapan sudah matang, saat pemijahan sudah bisa kamu lakukan dengan cara meletakkan jantan dalam wadah agar beradaptasi selama 1 malam hari.

Lalu masukkan si betina yang masih ada di dalam botol ke dalam wadah pemijahan. Selama itu biarkan cupang jantan membangun sarang selama 2-8 jam.

Bila keduanya saling tertarik kamu bisa melepaskan cupang betina agar menjadi 1 wadah dan melakukan pembuahan.

Semoga beberapa langkah diatas dapat membantu kamu dalam beternak ikan cupang.Dengan langkah yang mudah ini kamu bisa mencoba berbisnis sambil menikmati koleksi cupang yang kamu punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *