Cara Balik Nama Kendaraan Bagaimana dan Berapa Biayanya?

By | April 24, 2018

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Cara Balik Nama Kendaraan? Bagaimana Caranya dan Berapa Biaya Balik Nama Kendaraan

Jika Anda berniat ingin mengurus balik nama motor namun belum tahu caranya, maka Anda mengunjungi tempat yang tepat. Kali ini kita akan membahas cara dan biaya yang dibutuhkan untuk mengurus balik nama pada motor.

Balik nama pada motor adalah suatu kegiatan untuk memindahkan nama kepemilikan motor dari pemilik lama menjadi pemilik baru. Balik nama ini berlaku untuk STNK dan BPKB. Anda harus mendatangi Samsat untuk mengurus balik nama kendaraan ini.

Lalu berapakah biaya yang dibutuhkan untuk mengurus balik nama ini? Dan bagaimanakah caranya?Yuk, kita simak penjelasannya bersama-sama.

Biaya Balik Nama Motor

Berikut adalah biaya untuk balik nama kendaraan bermotor :

  1. Biaya Pajak

Biaya pajak tertera pada STNK setelah proses balik nama selesai. Untuk mengetahui berapa kira-kira jumlah yang harus dibayar, Anda bisa melihatnya di balik STNK Anda.

  1. Biaya di Luar Pajak

Biaya yang harus dibayar di luar biaya pajak adalah sebagai berikut :

  • Biaya petugas cek fisik.
  • Biaya pengesahan hasil cek fisik motor.
  • Biaya pendaftaran balik nama untuk STNK.
  • Biaya balik nama untuk BPKB.

Cara Untuk Mengurus Balik Nama Kendaraan

Sebelum datang ke Samsat untuk mengurus proses balik nama, ada baiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu berkas-berkas yang dibutuhkan. Biasanya yang harus Anda siapkan adalah sebagai berikut :

  • Siapkan STNK yang asli dan fotokopi.
  • Siapkan KTP asli dan fotokopi pemilik motor yang baru.
  • Siapkan BPKB yang asli dan fotokopiannya.
  • Siapkan kuitansi bukti pembelian motor disertai materai.

Setelah Anda selesai mempersiapkan berkas-berkas tersebut, berikut adalah cara untuk mengurus balik nama :

  1. Langkah pertama adalah pergilah ke kantor Samsat terdekat dengan membawa berkas-berkas yang telah dipersiapkan.
  2. Langkah kedua yaitu petugas Samsat akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap motor Anda. Petugas akan memberikan kertas hasil pemeriksaan fisik yang kemudian diserahkan ke loket pengecekan fisik. Selain itu, lakukan pembayaran atas biaya pengecekan fisik.
  3. Daftar Balik Nama

Pergilah ke loket balik namadan Anda akan diberikan formulir untuk diisi. Setelah itu serahkan berkas-berkas bersama dengan formulir. Tunggu proses sampai Anda dipanggil untuk membayar biaya pendaftaran balik nama.

  1. Pembayaran Pajak dan Pengambilan STNK

Disini Anda akan dimintai tanda terima pendaftaran balik nama dan serahkan berkas-berkas hasil pemeriksaan fisik. Setelah itu Anda akan dimintai membayar pajak di loket pembayaran pajak. Setelah membayar pajak, tunggu saja prosesnya hingga mengambil STNK.

Itulah ulasan mengenai biaya dan cara untuk balik nama motor. Jangan lupa untuk membawa kelengkapan dokumen demi kelancaran proses balik nama. Semoga ulasan ini memberi manfaat bagi Anda.

Baca juga cara melakukan balik nama mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *