Press "Enter" to skip to content

Bakso Mercon Viral di Bekasi

Lucky Candra 0

Bakso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, udang, bahkan daging kerbau.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas – panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mie, bihun, taoge, tahu, dan ditaburi bawang goreng seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia dari gerobak pedagang kaki lima hingga restaurant besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan tentu dengan campuran – campuran yang unik.

Selain bakso urat dan telur, ada juga bakso rusuk, bakso keju, bakso beranak, dan bakso mercon yang super pedas.

Sumber : wikipedia.org

Bakso sendiri sejarahnya bermula pada awal abad ke-17 akhir dinasti Ming di Fuzhou. Hidup seorang anak yang bernama Meng Bo yang tinggal di sebuah desa kecil. Meng Bo terkenal sebagai anak yang baik dan berbakti kepada ibunya. Kebaikan dan kebaktiannya sudah tertenak diantara para tetangganya. Hingga suatu hari, ibunya yang mulai tua tak dapat memakan daging sebab giginya sudah mulai tidak dapat makan makanan yang sifatnya keras, seperti daging. Padahal daging adalah makanan kesukaan ibunya. Bayangkan saja, kalau kamu yang ada di posisi Ibunya, kamu favorit dengan makanan, tapi kamu tidak bisa makan makanan yang kamu suka itu.

Sebab itulah, Meng Bo berinisiatif membantu agar ibunya dapat makan daging yang menjadi kesukaannya. Sepanjang malam, Meng Bo memikirkan bagaimana caranya mengolah daging yang keras agar dapat dimakan oleh ibunya. Hingga suatu ketika, Meng Bo melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi. Melihat hal itu, Meng Bo langsung pergi ke dapur dan mengolah daging seperti cara tetangganya membuat olahan kue mochi. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuknya seperti bulatan bulatan kecil agar ibunya mudah untuk memakannya, dari aroma rebusan olahan daging itu tercium aroma yang sangat lezat. Sehingga Ibunya penasaran dengan aroma kaldu daging yang dibuat oleh Meng Bo itu dan ingin mencicipi makanan yang memiliki aroma sedap itu.

Setelah olahan daging matang, Meng Bo menyajikan olahan tersebut kepada ibunya. Sang ibu merasa gembira sebab tak hanya lezat namun adonan tersebut mudah untuk dimakan olehnya. Tak hanya sang ibu, Meng Bo pun merasa senang sebab sang ibu tercinta dapat merasakan makan daging kembali. Dan kini mereka sering memasak dan memakan bakso sebagai makanan utama mereka.

Cerita bakti Meng Bo dan sejarah bakso tersebar luas hingga ke seluruh Kota Fuzhou. Tak hanya tetangga namun banyak penduduk yang berdatangan untuk belajar membuat bakso yang dibuat Meng Bo. Dan resep tersebut terus menyebar hingga sampai ke Indonesia. Walau resep asli dengan resep Indonesia berbeda namun bentuk bakso yang bulat serta teksturnya yang empuk tetap sama layaknya resep Meng Bo.

Nah guys, di Bekasi ada sebuah warung bakso sederhana yang sempat jadi viral di facebook beberapa waktu lalu. ” Warung Bakso Mpo Noey ” ….

Lokasinya terletak di Jl. Dukuh No. 113, Karang Satria, Tambun Utara, Bekasi – Jawa Barat. Menu bakso yang paling diminati adalah bakso mercon. Jika biasanya isi dalam bakso besar berupa urat atau telur, kali ini berisi tumbukan cabai rawit guys, dengan sajian kuah kaldu yang juga dilengkapi cabai dan tetelan.

Warung Bakso Mpo Noey ini dibuka mulai dari jam 12 siang sampai jam 10 malam. Kisaran harganya sendiri mulai dari Rp.12.000,- sampai Rp. 24.000,-.

Bakso digemari oleh semua kalangan, dari mulai anak – anak, dewasa, sampai orang tua. Oleh sebab itu, Warung Bakso Mpo Noey ini tidak pernah sepi pengunjung dan selalu habis terjual.

So guys, buat semua pencinta bakso yang ada di Bekasi atau yang kebetulan sedang jalan – jalan ke Bekasi, wajib mampir dan mencoba bakso mercon ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *