Press "Enter" to skip to content

Bakmi Obama, Mangkuknya Bisa Dimakan !!!

Lucky Candra 0

Bakmi adalah salah satu jenis sajian mi yang dipopulerkan oleh pedagang-pedagang Tiongkok ke Indonesia. Bakmi juga sering disebut yamien atau yahun. Bakmi juga merupakan makanan yang terkenal terutama di daerah-daerah “pecinan” di Indonesia.

Biasanya bakmi telah diadaptasi dengan menggunakan bumbu-bumbu Indonesia. Tebalnya bakmi adalah antara Mian Cina dan Udon Jepang, selain itu ada berbagai variasi bakmi di Indonesia. Bakmi yang paling umum adalah yang terbuat dari tepung terigu atau bakmi kuning. Jenis kedua yang juga terkenal adalah kwe tiaw, yang dibuat dari beras dan bentuknya lebih lebar serta lebih tipis dari bakmi. Kedua variasi ini biasa digoreng atau direbus sebelum disajikan.

Sumber : wikipedia.org

Sejarah Bakmi

Sejumlah kalangan berargumen bakmi pertama kali diciptakan di kawasan Mediterania. Kalangan lain mengklaim teknologi untuk menciptakan bakmi justru pertama berkembang di Timur Tengah. Konon catatan tertulis mengenai bakmi ditemukan di daratan Cina pada masa Dinasti Han Timur yang berkuasa pada 25 hingga 200 tahun setelah Masehi.

Arkeolog juga belum lama ini menyingkap dari bawah tanah temuan akan bakmi tertua di Cina. Umurnya diprediksi mencapai 4.000 tahun. Bukti-bukti tersebut menyimpulkan bahwa penduduk lampau Cina merupakan penemu bakmi.

Meski belum dapat disimpulkan lebih lanjut, apakah dari Timur Tengah orang Cina mengenal teknologi pembuat bakmi. Situs foodservicewarehouse menulis pula kalau banyak pihak menduga bakmi merupakan ciptaan orang Italia.

Kenyataannya, sejarawan percaya adalah Marco Polo yang membawa bakmi ke Italia. Ketika menjelajah dunia dan singgah di Cina pada abad ke-13, ia mengenal bakmi.

Lalu, bakmi yang dibawanya kembali ke Italia memengaruhi kebiasaan kuliner setempat. Pasalnya, menyantap semacam bakmi, seperti spageti, di Italia baru menjadi kebiasaan setelah abad ke-17 hingga 18.

Dari Cina, bakmi dipercaya menyebar ke negara Asia lainnya. Sejak saat itu, bakmi menjadi makanan umum di dapur Jepang, Korea, Vietnam, Laos, dan sejumlah negara Asia. Dalam perkembangannya, bakmi juga tak selalu hanya terbuat dari tepung gandum. Beras hingga umbi-umbian bahkan bisa menjadi bahan pokok pembuat mi di Asia.

Budaya Cina mengenal bakmi sebagai simbol umur yang panjang. Karena itu, masyarakat Cina memiliki tradisi menyantap bakmi saat perayaan ulang tahun dan Tahun Baru Cina. Di Jepang, membuat bakmi masuk dalam kategori menciptakan karya seni.

Boleh dibilang, dalam banyak budaya Asia yang menyantap bakmi, makanan ini erat hubungannya dengan kebaikan dan kehidupan yang sejahtera. Bakmi juga dipandang sebagai makanan yang menyenangkan hati atau comfort food bagi masyarakat Asia.

Sumber : www.republika.co.id

Bakmi Obama, Woow Mangkuknya Bisa Dimakan !!!

Setelah membaca ulasan sejarah tentang Bakmi, jadi pengin makan Bakmi khaaannn…

Penasaran nih guys, sama Bakmi di daerah Bekasi yang katanya Mangkuk Bakminya bisa dimakan. Seperti apa ya kira – kira penampakannya ??

Berbeda dari Bakmi – Bakmi yang lain, uniknya Bakmi Obama Ini menghidangkan Bakminya diatas Kulit Pangsit yang berbentuk mangkuk. Itu sebabnya banyak orang yang yang bilang kalau mangkuknya juga bisa dimakan guys.

Bakmi Obama Ini dengar – dengar sudah punya banyak cabang loh guys, nah salah satunya di Jalan Tulip Indah Ruko Sentra Onderdil Blok EL No. 17 Harapan Indah, Pejuang, Bekasi Barat, Kota Bekasi – Jawa Barat.

Atau kalau kalian lagi malas keluar rumah bisa juga melalui Delivery Order di (021) 88874300.

Bakmi Obama buka setiap hari guys, senin sampai sabtu pukul 07.00 – 18.00 WIB, sedangkan dI hari minggu hanya dari pukul 07.00 – 15.00 WIB.

Menu yang ditawarkan juga bervariasi, selain Bakmi ada juga kwetiaw, bihun, pangsit, dan bubur. Harganya Mulai Dari Rp. 20.000,- an guys. Jadi buat kalian yang lagi berada di Bekasi Bakmi Obama recomended banget nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *