Apa itu Bisnis Database

By | March 31, 2018

Kupas Bisnis – Artikel Bisnis , Peluang Usaha, UMKM, Wiraswasta – Apa itu bisnis Database –¬†Tips dalam Bisnis Database –¬†Bisnis database menjadi salah satu bisnis yang dalam beberapa tahun belakangan menjadi sangat populer di Indonesia. Mengapa populer? Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal ini. Berikut ini penjelasannya.

Apa itu Bisnis Database?

Bisnis database pada dasarnya adalah bisnis penjualan data. Data yang dimaksud bermacam-macam. Dengan semakin banyaknya data yang dimiliki, diharapkan dapat menunjang kebutuhan bisnis lainnya.

Menunjang bagaimana sih maksudnya? Oke kita kupas bisnis database ini. Sebagai contoh, anda adalah marketing properti, anda hendak memasarkan apartemen mewah. Sementara anda tidak sendiri di bisnis ini, ada banyak pesaing yang juga memasarkan produk serupa.

Nah di sini pentingnya sebuah database. Jika anda memiliki sejumlah data email dan nomor whatsapp orang-orang kaya, tentu saja anda dengan mudah mencari buyer yang potensial bukan? Hal ini jauh lebih efektif ketimbang iklan sana sini yang menghabiskan budget dengan tembakan yang tak terarah.

Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagian orang untuk menjual database. Sampai sini pola bisnisnya masih terbaca jelas.

Lalu kemudian mengingat database ini diminati, ada beberapa pihak yang menjual database akan tetapi terlebih dahulu menerapkan syarat-syarat yang cenderung pada pembodohan.

Misalnya saja dengan mewajibkan si pembeli untuk menyebarkan link atau mencari downline. Hal ini membuat bisnis database tersebut menjadi tersebar kemana-mana, dan secara tak langsung mempromosikan bentuk bisnis baru yang membuat awam tertarik masuk.

Bisnis database menjadi kian populer akan tetapi sesungguhnya ini merupakan bentuk pembodohan publik.

Faktor yang membuat bisnis database populer

Faktor yang pertama adalah karena promosi besar-besaran. Promosi melalui sosial media menjadi salah satu faktor besar kepopuleran bisnis ini di Indonesia.

Kemudian, faktor banyaknya pencari kerja yang ingin bekerja melalui rumah juga sangat banyak. Bahkan pencarian bekerja dari rumah dalam mesin pencari sempat menjadi populer. Didukung dengan gencarnya promosi, banyak yang kemudian menjajal bisnis baru ini.

Belum lagi iming-iming dan promosi yang sangat serius, menjadikan bisnis ini didengar sampai kemana-mana.

Sayangnya, setelah beberapa tahun bisnis ini sempat digadang-gadang menjadi bisnis sampingan menguntungkan, nyatanya banyak orang yang tertipu dan justru merugi.

Memang tidak semuanya, namun banyaknya kasus penipuan dan sistem kerja yang tidak sesuai dengan tujuan awal mengakibatkan perubahan pada bisnis ini.

Terbukti tidak bertahan lama, kini banyak orang telah membuktikan bahwa banyak tawaran bisnis database bodong yang justru merugikan para calon pekerjanya.

Karena banyaknya bisnis secara online, maka kasus penipuan seperti ini tidak bisa dilacak dengan mudah. Oleh karena itu bagi siapa saja yang ingin bergabung dengan bisnis seperti ini, seharusnya mengetahui beberapa hal penting.

Rekomendasi bagi calon buyer database

Anda harus memahami resiko yang mungkin Anda rasakan. Bagaimanapun juga, bisnis ini tetap menarik akan tetapi prosesnya harus anda pahami.

Sebaiknya anda membeli database yang menerapkan beli putus, bisa juga membership namun tingkat update dan keakuratan data harus anda pertimbangkan.

Yang terpenting bukan seberapa banyak data yang anda miliki, tetapi seberapa valid dan akurat data yang anda miliki untuk menunjang bisnis anda lainnya.

Sementara bagi anda yang menjual database sebagai bisnis anda, kedepankan etika bisnis yang baik, sajikan data yang akurat dan valid, bantu bersihkan citra bisnis database sehingga anda dapat terus berbisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *