Press "Enter" to skip to content

9 Jajanan SD yang Bikin Kangen

Lucky Candra 0

Masih ingat gak waktu SD ( Sekolah Dasar jajanan apa saja yang sering kita beli saat jam istirahat sekolah? Yuk kita bernostalgia…

  1. Telur Dadar Mini
idntimes.com

Telur dadar mini selalu menjadi jajanan yang pertama dituju saat bel istirahat berbunyi. Telur yang di campur daun bawang ini dimasak dalam cetakan bulat – bulat kecil. Kita akan diberi pengait masing – masing untuk memasak dan membalik telurnya sendiri. Biasanya ditaruh di atas potongan kertas kecil dan di beri saus yang agak encer.

2. Kue Cubit Setengah Matang

bisnisusahaonline.com

Kue cubit tradisional dengan bentuk cetakan yang lucu masih menjadi salah satu jajanan yang digemari. Kamu juga bisa meminta penjualnya untuk membuat bentuk jaring laba-laba atau biasa disebut sarang laba-laba, apalagi jika kamu membuatnya setengah matang, pasti akan terasa lebih enak saat dimakan selagi hangat.

3. Telur Gulung

viva.co.id

Jajanan SD yang satu ini sedang kembali hits lagi di kalangan anak muda. Telur gulung menjadi favorit anak-anak SD karena cara memasaknya yang menarik, dan rasanya lebih enak saat ditambah saus di atasnya.

4. Cilok

rumahmesin.com

Cilok merupakan makanan khas Jawa Barat yang selalu dijual di sekolah-sekolah. Cilok dijual dalam keadaan basah dengan siraman saus kacang. Kamu bisa makan langsung dari plastiknya, atau menggunakan tusukan dari bambu.

5. Mie Lidi

lidigeli.com

Mie Lidi atau lidi-lidian adalah makanan yang dibentuk menyerupai sapu lidi, dan ditaburi bubuk cabai atau sekadar garam untuk menciptakan rasa asin dan gurih. Bisa dimakan langsung menggunakan tangan. Sensasi cara makannya inilah yang selalu ngangenin.

6. Gulali ‘Enjot’

twipu.com

Gulali ‘Enjot’ istilah untuk permen gulali yang cara pembuatannya masih tradisional, yaitu mengayuh dan memutar pedal untuk tetap membuat mesinnya berputar dan menghasilkan gulali yang mengembang seperti busa sabun. Kangen kan lihat proses perbuatannya sambil nunggu pesanan kamu jadi?

7. Gulali Lolipop

serbabandung.com

Gulali lolipop yang dibuat oleh tangan penjualnya yang lihai dalam membuat bentuk-bentuk unik. Ada yang berbentuk ayam, sikat gigi, balon, bunga, dot, dan banyak lagi lainnya.

8. Es Gabus

viva.co.id

Generasi 90an pasti ingat deh es yang satu ini, tekstur es nya yang lembut seperti gabus saat digigit membuat ciri khas tersendiri yang tidak bisa terlupakan. disajikan warna-warni dalam satu es yang berbentuk seperti lembaran keju. Rasanya tidak terlalu manis, dan menggunakan pewarna makanan alami membuatnya sangat aman untuk dikonsumsi.

9. Es Serut

provoke-online.com

Warna – warni yang menarik membuat es serut ini berkesan dan sulit dilupakan. sering disebut-sebut menggunakan pewarna makanan yang tidak baik untuk tubuh. Tapi ternyata, es serut yang biasa dijual di halaman depan sekolah ini terbuat dari sirup coco pandan yang aman dikonsumsi anak-anak. Cara membuatnya juga terbilang unik, karena menggunakan es balok yang diserut.

Masih banyak lagi jajanan lainnya yang bisa membawamu bernostalgia dengan kenangan manis waktu sekolah. Kalau disuruh pilih, kamu paling suka yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *