Press "Enter" to skip to content

7 Macam Streetfood Indonesia

Lucky Candra 0

Jika di Korea ada Odeng, Kue Ikan dan Tteokbokki. Indonesia juga punya streetfood yang tidak kalah lezat, juga tentunya memiliki cita rasa yang khas. Berikut ini adalah streetfood Indonesia yang banyak digemari.

1. Cilok

inilahtasik.com

Cilok adalah singkatan dari ( Aci dicolok ). Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok berbentuk bulat seperti bakso namun teksturnya lebih kenyal dan lembek.

2. Kerak Telur

dapurkobe.co.id

Pedagang kerak telur banyak kita temui di sekitar pekan raya jakarta. Makanan asli daerah Jakarta ini sering juga disebut omelet khas Betawi. Terbuat dari beras ketan putih, telur ayam, ebi yang disanggrai kering, ditambah bawang goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam, dan gula pasir.

3. Siomay

dapurkobe.co.id

Siomay adalah olahan ikan tenggiri yang dicampur udang atau daging ayam. Kemudian diuleni bersama sagu / tepung tapioka. Siomay biasanya disajikan dengan beberapa menu pelengkap lainnya seperti kentang rebus, telur rebus, pare rebus, tahu rebus dan kubis yang sudah direbus lalu digulung. Siomay dihidangkan dengan siraman saus kacang, kecap, dan irisan jeruk limau.

4. Cahkwe

cookpad.com

Cahkwe disajikan dengan saus asam manis cair atau sambal kacang cair. Bentuknya panjang dan teksturnya seperti roti yang rasanya gurih.

5. Tahu Gejrot

cruachanai.com

Tahu Gejrot adalah makanan khas cirebon. Tahu gejrot biasanya disajikan dengan piring cobex yang terbuat dari tanah liat. Isinya berupa irisan tahu, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, yang dihaluskan dengan sedikit garam dan kuah asam yang terbuat dari Gula merah dan asam jawa.

6. Rujak

hallosehat.com

Rujak adalah makanan khas Indonesia berupa irisan buah – buahan segar yang di sandungan dengan sambal gula merah. Biasanya sambal gula merah dibuat dengan ulekan cabai dan garam, agar lebih segar ditambahkan asam jawa.

7. Martabak

tokopedia.com

Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin dan martabat telur yang terbuat dari campuran telur dan daging serta martabak manis (kue terang bulan) yang biasanya di isi coklat dan keju. Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai camilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *