Press "Enter" to skip to content

4 Kue Pasar yang Paling Diminati

Lucky Candra 0

Jajanan pasar adalah makanan tradisional Indonesia yang diperjual belikan di pasar, khususnya di pasar-pasar tradisional. Meskipun telah banyak beredar makanan instan dan modern bahkan impor dari luar negeri, jajanan pasar masih tetap digemari karena beberapa alasan, antara lain harganya yang relatif terjangkau dengan rasa yang enak, dan pilihan yang beragam. Bahkan dunia perhotelan, untuk meningkatkan daya tarik bagi para tamu juga menyediakan jajanan pasar pada saat sarapan pagi.

Berikut Macam – macam Jajanan pasar yang sering kita temui.

1. Kue Apem

cookpad.com

Kue Apem adalah kue tradisional Indonesia yang dibuat dari tepung beras lalu didiamkan semalam dengan mencampurkan telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam kemudian dibakar atau dikukus. Kue apem bentuk nya kini beraneka ragam. Jika dahulu berbentuk seperti surabi, sekarang berbentuk seperti kue mangkuk bahkan lebih kreatif lagi ada yang berupa bunga mawar atau boneka.

2. Kue Putu Ayu

palapanews.com

Kue Putu Ayu adalah makanan tradisional Indonesia yang berupa kue dengan isian gula jawa, dibalut dengan parutan kelapa, dan tepung beras. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan pedagang ini sekaligus menjadi alat promosi untuk berjualan. Seiring berkembangnya zaman, bentuk kue putu ayu beraneka ragam Ada yang berbentuk melingkar dengan parutan kelapa diatasnya, bahkan ada juga yang berbentuk kotak tanpa isian gula merah. Warnanyapun bukan hanya hijau tapi juga berwarna – warni seperti merah, kuning bahkan ungu.

3. Kue Lumpur

id.tastemade.com

Kue Lumpur adalah penganan khas Indonesia dengan bahan utama santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Dengan ditambahkan sedikit vanila untuk pelangi. Biasanya diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di atasnya. Kue ini tergolong kue basah sehingga tidak tahan disimpan lama.

4. Kue Talam

sukabumiupdate.com

Kue talam adalah salah satu jenis jajanan tradisional Indonesia mudah ditemukan di mana-mana. Khususnya pada bulan ramadhan, kue talam merupakan salah satu menu buka puasa yang cukup populer. Kue talam umumnya dibuat dengan bahan baku tepung-tepungan seperti tepung beras, tepung singkong (tapioka), atau tepung terigu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *