Press "Enter" to skip to content

5 Jenis Kain untuk Bahan Hijab

Lucky Candra 0

Hijab sekarang ini memang sedang hits di kalangan dewasa maupun anak muda. Bahkan public figur yang semula berpenampilan terbuka kini mulai tertutup mengenakan hijab.

mizutek.com

Membuka usaha hijab pun menjadi gagasan yang cerdas. Pasalnya seorang yang behijab tidak mungkin hanya memiliki satu hijab saja. Warna – warni hijab pun menarik perhatian mereka untuk dikoleksi. Selain warna yang menarik model dan bahan hijab pun menjadi pilihan. Oleh karena itu, beberapa jenis-jenis kain yang sering digunakan untuk membuat hijab diantaranya.

1. Sifon/Chiffon

Sifon merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk membuat hijab ini terbuat dari bahan dasar kapas, sutra dan serat sintetis. Meskipun sifon ini tipis, jenis kainnya yang licin dan panas membuatnya harus dikombinasikan dengan bahan lain. Bisa juga mengenakan ciput atau bandara. kerudung jenis sifon cukup banyak di gemari oleh kaum wanita karena sifatnya yang ringan, dan luwes mengikuti gerak tubuh. Sifon dapat memberi kesan elegan bagi pemakainya sehingga sangat cocok dipakai pada acara formal.

2. Hicon/Hycon

Sekilas Hicon tampak seperti sifon. Namun untuk sifon lebih licin dan kasar jika dibandingkan dengan hicon. Hicon juga memiliki serat kain yang lebih rapat. Biasanya hicon ini dibuat untuk model hijab syar’i dengan model two layer atau double hycon karena bahannya sangat tipis.

3. Satin

Satin merupakan kain yang memiliki ciri khas warnanya yang mengkilap dan permukaan bagian luarnya saja, sedangkan bagian dalamnya kesat. Bahan satin biasanya dibuat untuk jilbab segi empat. Hijab ini sangat cocok digunakan untuk acara resmi, karena menimbulkan kesan mewah bagi pemakainya karena permukaannya yang glossy dan berkilau jika terkena cahaya.

4. Twiscone

Bahan hijab twiscone adalah jenis bahan yang hampir mirip dengan sifon, tapi lebih tebal dan berat sehingga tidak menerawang. Twiscone juga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap jika kamu berkeringat. Biasanya twiscone digunakan untuk hijab model pasmina atau segi empat.

5. Rayon

Tekstur Rayon lebih lentur dan relatif tebal. Hijab berbahan ini cukup nyaman dan sangat cocok dipakai ketika cuaca panas karena dapat menyerap keringat dengan baik. Rayon juga cocok dipakai sehari-hari karena memberikan kesan yang kasual. Teksturnya lentur membuat hijab berbahan rayon mudah untuk diatur dan dikreasikan sesuai dengan keinginan. Sedangan kekurangannya antara lain adalah, mudah kusut dan mudah luntur saat dicuci.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *